Thursday, 2 May 2024
HomeTravellingSitus Tugu Lonceng di Cilebut, Bangunan Tua Peninggalan Belanda

Situs Tugu Lonceng di Cilebut, Bangunan Tua Peninggalan Belanda

Bogordaily.net–    merupakan salah satu situs bersejarah di wilayah Kabupaten Bogor. Tugu ini berlokasi di dekat stasiun KRL , Desa Barat, Kecamatan Sukaraja. Tepatnya berada di sebelah timur Jalan Pendidikan.

Berdasarkan penelusuran Bogordaily.net tampak posisi tugu yang berada di kawasan padang rumput membuatnya tak mencolok sehingga seperti terisolir.

Ditambah pagar yang mengelilinginya menjadikan tempat ini semakin tertutup. Karena kondisi itulah yang membuat Tugu Lonceng ini jarang dikunjungi.

Sekedar informasi, bangunan tua ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun ratusan tahun silam. Dulu, bangunan ini digunakan sebagai tanda waktu kerja bagi pekerja kebun karet di sana yang diawasi oleh tentara Belanda.

Baca Juga: Sensasi Melintasi Jembatan Gantung Rawayan, Terpanjang di Kabupaten Bogor

Usianya yang sudah sangat tua membuat bangunan ini mulai tampak rapuh dan usang.  Menurut cerita, rusaknya Tugu Lonceng dimulai sejak tahun 1986 akibat sambaran petir.

Dulu, terdapat tanki air di puncak atas dan sebuah lonceng yang tergantung tepat di bawahnya.

Salah satu warga sekitar, Maman mengatakan untuk saat ini kawasan Tugu sudah dipasang pagar sehingga tidak banyak masyarakat yang bisa masuk tugu.

“Iya memang udah lama sekarang dipagar dan dikunci jadi gak bisa masuk,” kata Maman salah satu warga kepada Bogordaily.net, Kamis 18 Mei 2023.

Ia mengatakan, saat ini juga di wilayah sekitar tugu akan dibangun kawasan perumahan yang menjadikan tugu ini nantinya akan dikelilingi pemukiman warga.

Dengan demikian dapat menghilangkan kesan keangkeran yang sebelumnya telah banyak di ceritakan oleh masyarakat setempat.

“Kalau untuk sejarah lengkapnya saya belum terlalu tahu. Tapi sekarang di sekitar sini emang mau dibangun perumahan, jadi Tugu nya dipagar biar gak nyatu,” ungkapnya.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here