Thursday, 25 April 2024
HomeKulinerToge Goreng H. Gebro Ada Sejak Zaman Belanda

Toge Goreng H. Gebro Ada Sejak Zaman Belanda

Bogordaily.net – Bagi masyarakat Bogor, tentu tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Bahan utamanya toge dan mie, dilengkapi kupat dan tahu yang duguyur bumbu kacang dengan rasa manis, asam serta pedas. Ya! . Makanan legendaris asal Bogor, yang sudah ada sejak 1943. Kini, olahan makanan tradional khas Bogor, masih bertahan dan diterus oleh generasi ke tiga dari H. Gebro, bernama Khaerudin.

Lokasi di Jalan Pamoyanan Nomer 68, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Toge goreng cucu H. Gebro masih diburu oleh para pencinta kuliner.

Khaerudin menceritakan, sebagai generasi ketiga (cucu dari H. Gebro), dia meneruskan usaha Toge Goreng ini secara turun-temurun, dari mendiang kakeknya.

Dahulu, pada 1943, kakenya merintis usaha Toge Goreng. Pertama kali buka di kawasan di Pasar Anyar Bogor. Kemudian pada 1980, kakeknya membuka cabang usaha toge goreng di Gang Aut hingga 1996.

Semenjak kakeknya wafat pada 1996, usaha Toge Goreng di Gang Aut tutup, sedangkan yang di Pasar Anyar masih berjalan.

“Usaha toge goreng yang berada di Pasar Anyar diteruskan oleh Kaka saya bernama Dedi Supriadi hingga saat ini,” ungkap pemilik Toge Goreng H Gebro Khaerudin, Rabu 31 Mei 2023.

Seiringnya waktu, pada 2014 Khaerudin, kembali meneruskan usaha Toge Goreng, di Taman Pahlawan dan di Pamoyanan. Usahanya masih berlangsung hingga sekarang.

Khaerudin menuturkan, usaha yang ia buka, masih menjadi incaran para pencinta kuliner. Penikmatnya tidak hanya warga Bogor, namun warga luar Kota Bogor. Para pelanggannya darang dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat biasa hingga para pejabat.

“Intinya dari rasa toge goreng ini tidak hilang, ciri khas resep toge goreng dari kakek saya manis, asam, pedas,” tuturnya.

Hal yang unik dari toge goreng H Gebro ini adalah Toge Goreng disajikan menggunakan daun patat.

“Saya menyajikan menggunakan daun patat ini agar toge goreng tidak cepat basi,” paparnya.

Selain Toge Goreng, banyak menu yang disediakan, seperti es pala yang masih menjadi minuman ciri khas Bogor. Es Pala memiliki cita rasa yang khas.

Harga satu porsi Toge Goreng cucu H. Gebro dibandrol dengan Rp. 15 ribu.

“Kita juga membuka order online, melalui grabfood, gofood dan shoppefood. Mulai buka dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB,” terangnya.

Ke depan, Khaerudin akan membuka cabang toge goreng cucu H. Gebro di daerah Ciawi dan Ciomas.

 

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here