Thursday, 25 April 2024
HomeNasional15 Adab Pergi ke Masjid yang Jarang Diketahui, Apa Saja? Cek!

15 Adab Pergi ke Masjid yang Jarang Diketahui, Apa Saja? Cek!

Bogordaily.net – Ada pula beberapa adab atau aturan yang sebaiknya dilakukan sebelum pergi menuju alias rumah Allah SWT selain membaca doa saat jalan.

Apa saja? dikutip dari beberapa sumber, simak poin-poin pentingnya di bawah ini.

Baca juga : Keunggulan Membaca Surat Al-Waqiah di Hari Jum'at, Simak!

  1. Pergi dalam keadaan berwudhu dari rumah
  2. Menjauhkan diri dari bau tidak enak pada mulut dan badan, seperti rokok dan bau mulut yang berasal dari makanan beraroma tajam seperti petai, jengkol, bawang atau semacamnya. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang makan tanaman ini -yaitu bawang-, maka janganlah dia mendekati kami.” (HR Bukhari dan Muslim)
  3. Bagi pria, dianjurkan untuk memperbagus diri seperti tertera dalam Surat Al-A'raf ayat 31, dan memakai wangi-wangian. Sedangkan perempuan harus melakukan hal sebaliknya.
  4. Membaca doa ketika keluar rumah, yakni “Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallah Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah,” artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal pada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.”
  5. Tidak menyela-nyela jari ketika berangkat dari rumah menuju hingga sholat dilaksanakan
  6. Berjalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa meski telat
  7. Masuk ke dengan kaki kanan sambil membaca doa:”Bismillah Wassalaamu ‘Ala Rosulillah. Allahummaghfir Lii Dzunuubi Waftahlii Abwaaba Rohmatik.”, artinya: “Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu.”
  8. Mengucapkan salam ketika masuk dengan suara yang dapat didengar oleh orang sekitar
  9. Mengerjakan sholat sunnah tahiyyatul dua raka'at. Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian masuk , maka janganlah duduk sampai melakukan shalat dua raka'at.” (HR Bukhari dan Muslim)
  10. Memilih shaf pertama untuk laki-laki dan memilih shaf sebelah kanan jika mudah
  11. Setelah shalat tahiyatul , duduk menghadap kiblat dan mengisi waktu dengan beberapa hal, misalnya: membaca Al-Quran, membaca dzikir, atau memperbanyak doa karena doa antara adzan dan iqamah adalah di antara doa yang mustajab.
  12. Menunggu sholat dan tidak mengganggu orang lain. Orang yang menunggu sholat akan mendapatkan doa para malaikat dan dianggap telah berada dalam sholat.
  13. Memperhatikan waktu adzan dan qamat. Rasulullah SAW bersabda: “Jika sudah dikumandangkan iqamah, maka tidak ada sholat kecuali sholat wajib.” (HR Muslim)
  14. Memperhatikan waktu sholat dan tidak keluar masuk masjid. Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah keluar dari masjid setelah adzan kecuali orang munafik atau orang yang ada keperluan dan ingin kembali lagi ke masjid.” (HR Ad-Darimi)
  15. Ketika keluar masjid, keluar dengan kaki kiri lalu membaca doa ketika keluar masjid. Yakni: ”Bismillah Wassalaamu ‘Ala Rosulillah. Allahummaghfir Lii Dzunuubi Waftahlii Abwabaa Fadhlik.” Artinya: “Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu karunia-Mu.”

Baca juga : Kumpulan Doa Jalan ke Masjid untuk Jum'atan, Lengkap dengan Artinya

Demikian penjelasan dan poin-poin soal yang penting diketahui.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here