Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorPlt Bupati Bogor Iwan Setiawan Beri Penghargaan kepada Keluarga Tangguh Catur

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Beri Penghargaan kepada Keluarga Tangguh Catur

Bogordaily.net–  Plt Bupati Bogor memberikan penghargaan kepada Keluarga Tangguh Catur.

Penghargaan diserahkan dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur Provinsi Jawa Barat tahun 2023 yang resmi dibuka Iwan di Villa Tjokro, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Dalam kejurda tersebut, Iwan menyerahkan penghargaan kepada “Keluarga Tangguh Catur”. Penghargaan diberikan kepada Singgih Yehezkiel sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada keluarga yang telah mendukung penuh anak-anaknya menjadi atlet catur yang handal.

Singgih Yehezkiel merupakan orang tua dari WGM Irene Kharisma Sukandar dan Diajeng Theresa Singgih.

Prestasi Irene di antaranya menjadi pecatur pertama Indonesia yang meraih Grand Master Wanita. Irene juga wanita pertama yang menjadi Juara Asia 2 kali serta meraih medali Olimpiade, Asian Games dan Sea Games.

Prestasi Pecatur Kabupaten Bogor

Selain itu masih banyak ukiran prestasi dari pecatur tersebut. Sedangkan prestasi Diajeng yang diraih saat ini yaitu sebagai Juara 2 dunia tingkat pelajar, Juara Asean kelompok umur 8 tahun, dan Medali emas PON serta Porprov.

Penghargaan Keluarga Tangguh Catur juga diberikan kepada Achmad Dedy Kusumawidjaja, ayah dari Master FIDE Arif Abdul Hafidz dan Sumardi Saidul Ula.

Prestasi Arif di antaranya pemegang Record MURI Catur Buta/tanpa melihat papan catur melawan 15 orang sekaligus.

Selain itu meraih medali emas pada Kejuaraan Asia Tenggara di Vietnam, serta prestasi lainnya.

Sedangkan Sumardi pernah meraih medali emas pada Kejuaraan Mahasiswa Asia Tenggara serta medali emas di Kejurnas tahun 2011 dan prestasi lainnya.

“Prestasi olahraga atlet bukan hanya ditentukan oleh kualitas pelatih dan managerial, tapi juga penting dukungan dan peran orangtua atau keluarga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kesuksesan seorang atlet,” ujar , .

Menurut Iwan, event Kejurda sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit baru dalam olahraga catur. Selain itu sebagai ajang uji kemampuan sebagai tolak ukur untuk seleksi daerah (Selekda) PON tahap satu yang akan dilaksanakan di Aceh tahun 2024 mendatang.

Iwan menambahkan, Kabupaten Bogor memiliki banyak potensi atlet catur yang membanggakan dan berkontribusi untuk Jawa Barat juga untuk Indonesia.

Ia pun berharap kedepannya Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor memiliki banyak program pembinaan dan mengurangi mutasi atlet.(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here