Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorJalankan Tri Darma, Fakultas Hukum Unpak Mengabdi pada Masyarakat Cilodong

Jalankan Tri Darma, Fakultas Hukum Unpak Mengabdi pada Masyarakat Cilodong

Bogordaily.net – Mahasiswa dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Pakuan () Bogor melakukan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat di daerah Kelurahan RT03/05, Kecamatan , Kota Depok.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cek kesehatan gratis oleh tenaga kesehatan yang telah disiapkan oleh Fakultas Hukum Universitas Pakuan.

Selain mengadakan cek kesehatan gratis bagi masyarakat, kegiatan tersebut di isi pula dengan penyuluhan hukum mengenai Pencegahan Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Dengan memberikan penyuluhan dan edukasi mengenai faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga, sanksi bagi pelaku kekerasan dalam rumah tangga, tata cara pengaduan kepada pihak yang berwenang dan tata cara mendapatkan bantuan hukum dari suatu lembaga bantuan hukum atau dari Advokat dalam mendampingi korban kekerasan dalam rumah tangga. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 30 warga Kelurahan .

Adapun kegiatan tersebut dalam pelaksanaannya diketuai oleh Taqwa Hartawan yang merupakan salah satu Mahasiswa Fakultas Hukum .

Dalam rangkaian acaranya Taqwa berharap dalam kegiatan tersebut masyarakat dapat patuh hukum dan mengetahui bahaya kekerasan dalam rumah tangga dan sanksi pidananya bagi pelaku.

Baca juga : Staycation Seru Bersama Keluarga di Swiss-Belcourt Bogor

“Saya selaku ketua pelaksana pengabdian pada masyarakat di Kelurahan ini mengadakan pengabdian ini dalam rangka mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi, tujuan saya mengadakan kegiatan ini untuk membantu masyarakat dalam kesehatan untuk di cek kesehatannya dengan gratis tanpa dipungut biaya, sehingga masyarakat dapat menjaga kesehatan dirinya,” ujar Taqwa.

Ia berharap, ke depannya semoga para mahasiswa dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan jiwa sosialnya sebagai mahasiswa.

Implementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Hukum dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi yang di dalam substansinya, diantaranya Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.

Baca juga :  Bosowa Bina Insani School Hadir di Podcast Bincang Bogordaily

Pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi merupakan sebuah kewajiban bagi setiap perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk bersama-sama melakukan dan memberikan Pendidikan, melakukan penelitian dengan karya tulisan setiap mahasiswa dan dosennya serta tentunya melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dapat bermanfaat

Bagi masyarakat sekitar dengan pengamalan nilai-nilai tersebut. Pengecekan kesehatan secara gratis membantu masyarakat khususnya apabila ada masyarakat yang kurang mampu, untuk melakukan cek kesehatan dan dengan diadakannya kegiatan tersebut membuat menumbuhkan jiwa masyarakat untuk taat hukum dan tentunya untuk menjaga kesehatan dirinya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here