Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalPria Simak! Lakukan Amalan Ini Saat Hendak Sholat Jum'at

Pria Simak! Lakukan Amalan Ini Saat Hendak Sholat Jum’at

Bogordaily.net –  Pria muslim harus melakukan beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan saat hendak sholat Jum’at.

Paling utama sebelum berangkat, alangkah baiknya pria mandi. Hal ini merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim.

Baca juga : Momen Jaehyun Ketemu Rafathar, Salim hingga Keliling Rumah Raffi dan Nagita

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan mandi sebelum berangkat salat jumat:

“Barangsiapa mandi pada Hari Jum’at sebagaimana mandi janabah..” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sementara itu, ada pendapat lain mengenai anjuran mandi di hari Jum’at ini yang berdasar pada hadits Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Mandi di hari Jum’at wajib bagi setiap orang yang sudah baligh/dewasa”, (HR. Bukhari dan Muslim).

Amalan Sholat Jum’at

Sebagaimana riwayat hadist dari Anas radhiyallahu ‘anhu:

“(Rasulullah SAW) memberikan tempo kepada Kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan menggunting bulu kemaluan supaya tidak dibiarkan begitu saja lebih dari 40 malam”, (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Rasulullah SAW pun selalu bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis setiap hari Jumat sebelum berangkat ke masjid untuk sholat Jum’at berjamaah.

“Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jum’at sebelum beliau pergi sholat Jum’at “, (HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).

Selain itu, sebaiknya berwudhu terlebih dahulu sebelum berangkat sholat Jum’at ke masjid karena ini juga merupakan amalan sunah pada hari Jumat.

1. Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian

Amalan sunah hari Jum’at berikutnya adalah memakai pakaian terbaik, bersih, dan rapi, serta tidak lupa untuk memakai wewangian atau parfum. Di dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Wajib bagi kalian membeli dua buah pakaian untuk sholat Jum’at , kecuali pakaian untuk bekerja”, (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Baca juga : Keunggulan Membaca Surat Al-Waqiah di Hari Jum’at, Simak!

Selain itu, anjuran untuk memakai pakaian terbaik dan wewangian pada hari Jum’at juga diterangkan oleh Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang mandi di hari Jum’at dan bersuci semampunya, kemudian memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at “, (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Berangkat ke Masjid Lebih Awal dengan Berjalan Kaki

Saat hari Jum’at tiba, disunnahkan untuk berangkat ke masjid lebih awal dengan berjalan kaki, agar bisa lebih dulu membaca Al-Quran, dan berdzikir seraya memanjatkan doa sebelum imam salat Jum’at datang.

Baca juga : 5 Amalan yang Dikerjaakan di Hari Jumat Pada Bulan Ramadan

Begitu masuk masjid, utamakan untuk mencari shaf pertama (paling depan) karena memiliki banyak keutamaan di mata Allah SWT.

Sebagaimana dikatakan oleh Anas bin Malik dalam sebuah hadist, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum’at dan tidur siang setelah salat Jumat”, (HR. Bukhari).

Begitu pula diterangkan di dalam riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, di mana Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan pergi ke masjid di awal waktu.

“Siapa yang berangkat Jum’at di awal waktu, maka ia seperti berkurban dengan unta. Siapa yang berangkat Jum’at di waktu kedua, maka ia seperti berkurban dengan sapi. Siapa yang berangkat Jum’at di waktu ketiga, maka ia seperti berkurban dengan kambing gibas yang bertanduk. Siapa yang berangkat Jum’at di waktu keempat, maka ia seperti berkurban dengan ayam. Siapa yang berangkat Jum’at di waktu kelima, maka ia seperti berkurban dengan telur,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikian beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan pria saat hendak sholat Jum’at.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here