Saturday, 4 May 2024
HomeTravellingSejarah Jembatan Sempur yang Sudah Berdiri 100 Tahun Lebih

Sejarah Jembatan Sempur yang Sudah Berdiri 100 Tahun Lebih

Bogordaily.net–  yang berdiri kokoh di Kota Bogor. Jembatan yang berada di pusat kota ini memiliki kisah di balik kehadirannya. Berdiri sejak 100 tahun lebih, jembatan ini masih dimanfaatkan warga untuk melakukan aktivitasnya. Simak ulasan berikut ini.

berada di Jalan Jalak Harupat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Atau berdiri di atas Sungai Ciliwung. Lokasinya tak jauh dari Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Di bawah jembatan terdapat lorong yang bisa dilintasi.

Sebagaimana video yang diunggah oleh Johnny Pinot di akun Instagram @pinotjohnny. Ia menceritakan tentang keberadaan .

di Jalan Jalak Harupat dibangun pada Zaman Belanda sekitar 1920an. Tepatnya tahun 1922. Atau pada masa Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa tahun 1921-1926.

Baca Juga: Menilik Tugu Lonceng Belanda Vat Motman di Dramaga Bogor

Video: Jembatan Sempur di Jalan Jalak Harupat Bogor

Jembatan ini konon dibangun bersamaan dengan pengembangan daerah Taman Kencana. Kala itu kawasan Taman Kencana menjadi pemukiman untuk warga Eropa.

“Dibangun seiring pengembangan Buitenzorg ke daerah sekitaran jalan gunung/gunung Taman Kencana untuk pemukiman orang-orang Eropa,” tulis Johnny Pinot.

Dulu jembatan dan jalannya diberi nama Van Limburg Stirum. Kini nama jalannya menjadi Jalak Harupat dan jembatannya dikenal dengan nama .

Komentar Warganet

Sementara itu warganet yang melihat unggahan tentang memberikan berbagai komentarnya seperti berikut ini.

“Buatan Belanda kok bisa awet yaa?”

“Jembatan yg sangat kokoh dan halus dalam pengerjaannya…”

“Hampir 20 th saya tinggal di Bogor.. masa2 remaja sampai kerja.. daerah sempur ini selalu jadi daya tarik utk dilihat saat lewat.. Uhh kangen Bogor …,” .

“tempat penuh nostalgie jaman SMA dulu…,” 

“Bogor tuu cantik… gx kalah cantik dengan kota Negara” Lain Bangga aku lahir di Bogor … merasakan main air di kali ciliwung , lari pagi dr jln ceremay keliling kebun raya… ngabuburit di Taman kencana.”

Demikian ulasan tentang yang sudah seratus tahun berdiri di Kota Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here