Monday, 14 October 2024
HomeNasionalSering Nyeri pada Lutut, Ini Penjelasan Dokter RS Murni Teguh Sudirman Jakarta

Sering Nyeri pada Lutut, Ini Penjelasan Dokter RS Murni Teguh Sudirman Jakarta

Bogordaily.net– Sering merasa nyeri pada lutut, simak ulasan yang disampaikan Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta, Dr. dr. Christiana Linda Wahjuni, Sp. OT, M.Kes.

Dokter Christiana Linda Wahjuni menjelaskan, osteoarthritis merupakan gangguan sendi yang umum terjadi. Tidak hanya terjadi pada lutut, osteoarthritis juga dapat dirasakan pada sendi lain, seperti pinggul, tulang punggung, jari tangan, dan lain sebagainya.

Osteoarthritis juga masalah kesehatan berupa pengapuran sendi akibat kerusakan tulang rawan.

“Osteoarthritis ini terjadi ketika tulang rawan yang bertugas melindungi bagian ujung tulang keras mengalami kerusakan,” kata Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi RS Murni Teguh Sudirman Jakarta, Dr. dr. Christiana Linda Wahjuni, Sp. OT, M.Kes, Jum’at 9 Juni 2023.

Gejala Osteoarthritis

Dokter Christiana Linda Wahjuni memaparkan, terdapat beberapa gejala yang dapat dirasakan apabila seseorang mengalami osteoarthritis.

Gejala yang umum terjadi adalah sendi terasa sangat nyeri saat melakukan aktivitas fisik. Bisa juga disertai dengan bunyi gesekan didalam sendi.

Baca Juga: Makin Awet Muda dengan Perawatan Anti Aging Medicine di Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta

“Sendi terasa sakit saat digerakkan. Namun, rasa sakit tersebut akan membaik saat sendi tidak digerakkan. Sendi terasa kaku, terutama saat pagi hari. Kemudian munculnya suara gesekan ketika sendi sedang digerakkan,” jelasnya.

Penyebab Osteoarthritis

Penyebab osteoarthritis, kata Dr. dr. Christiana Linda Wahjuni ada kerusakan pada tulang rawan yang berfungsi untuk melindungi ujung tulang keras dari gesekan.

Di samping itu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan risiko osteoarthritis meningkat.

Seperti sering beraktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Seperti angkat beban, dan lain sebagainya.

Pengobatan Osteoarthritis

Untuk mengobati penyakit osteoarthritis, ia mengatakan, ada beberapa tindakan medis.  Seperti pemberian obat-obatan. Biasanya, dokter akan memberikan obat-obatan tertentu untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul karena peradangan sendi.

“Mulai dari obat anti radang, obat relaxan untuk otot yang kaku dan obat perangsang otot,” katanya.

Setelah itu, untuk mengembalikan kekuatan otot dan sendi dilakukan terapi fisik (fisioterapi).

“Hal ini dilakukan supaya otot-otot lebih lentur dan kuat saat melakukan aktivitas fisik,” ucapnya.

Ia juga menyarankan bagi pasien yang terkena Osteoarthritis untuk rutin melakukan olahraga ringan seperti berenang, jalan pagi, dan bersepeda.

“Pengobatan dengan pemberian cairan pelumas sendi san stemcell ke dalam sendi,” katanya.

Demikian pembahasan mengenai osteoarthritis yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta, Dr. dr. Christiana Linda Wahjuni, Sp. OT, M.Kes.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here