Friday, 26 April 2024
HomeTravellingWisata Sejarah Situs Batu Dakon di Cibungbulang Bogor

Wisata Sejarah Situs Batu Dakon di Cibungbulang Bogor

Bogordaily.net–  Wisata sejarah di Bogor seakan tak ada habisnya, termasuk di Ciaruteun Ilir, Cibungbulang Bogor. Desa ini dikenal sebagai kawasan situs purbakala.

Lokasi tepatnya berada di Kampung Muara, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

“Ditemukan tahun 1968, dan setelah diteliti dinyatakan sebagai peninggalan abad ke 3 Masehi,”  tulis video yang diunggah Johnny Pinot di akun Instagram @pinotjohnny.

Situ ini terdiri dari 4 buah batu yang disusun dari timur ke barat. Konon batu ini berguna untuk memantau pergerakan matahari.

Baca Juga: PLTA Kracak Leuwiliang, Pembangkit Listrik Peninggalan Belanda

“Berupa 4 buah batu yang disusun dari timur ke barat, gunanya untuk memantau pergerakan matahari untuk mencari awal mulainya musim bercocok tanam,” imbuhnya.

Ia juga menerangkan akses menuju ke lokasi di Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Situs Batu Dakon

“Sekarang, akses ke situs bisa melalui Jembatan Rawayan Tarumanagara. Masuk lewat TPU (Tempat Pemakaman Umum ) di Rancabungur, seberang jembatan sudah Desa Ciaruteun Ilir,” jelasnya.

Situs Batu Dakon
di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang. (Foto: Tangkapan layar Instagram @pinotjohnny/Bogordaily.net)

Selain , kamu juga bisa mengujungi wisata sejarah lainnya. Masih di Desa Ciaruteun Ilir yang dikenal sebagai kawasan situs purbakala.

“Ada 4 situs di daerah sana. Tiga di antaranya berdekatan yaitu Prasasti Batutulis Ciaruteun, Prasasti Kebon kopi 1 dan ,” ujar pria yang disapa Om Johnny.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here