Saturday, 27 April 2024
HomeKota Bogor100 Kader Kelurahan di Bogor Barat Kota Bogor Ikuti Program Royco Nutrimenu...

100 Kader Kelurahan di Bogor Barat Kota Bogor Ikuti Program Royco Nutrimenu MPASI Serbu Harapan

Bogordaily.net – Dalam Program Go-Roasting Kota Bogor, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Universitas IPB bekerja sama dengan PT Unilever Indonesia menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) Nutrimenu Serbu Harapan kepada 100 Kader dari 10 Kelurahan di Kecamatan , Kota Bogor.

Kegiatan Training of Trainers (TOT) Royco Nutrimenu Serbu Harapan dilaksanakan selama dua hari.

Baca juga: Link DANA Kaget Hari Ini – 4 Juli 2023, Cek!

Dimulai pada Senin 3 Juli hingga Selasa 4 Juli 2023, di Yatim Center Al Ruhamaa, Situ Gede, , Kota Bogor.

Dr. Tin Herawati Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Universitas IPB.

Kegiatan ini untuk mengedukasi lebih banyak ibu mengenai menu MPASI yang lezat dan bernutrisi seimbang.

Program Nutrimenu Serbu Harapan adalah pelatihan bagi 100 kader yang berasal dari 10 kelurahan di Kecamatan (10 kader per kelurahan).

Kelurahan-kelurahan tersebut adalah Kelurahan Bubulak, Situ Gede, Sindangbarang, Margajaya, Balumbang Jaya, Loji, Gunung Batu, Curug, Pasir Kuda, dan Semplak.

Kader-kader yang telah mengikuti pelatihan (TOT) akan memberikan edukasi penting tentang pentingnya menyajikan MPASI yang lezat dan bergizi seimbang, bahaya dan cara pencegahan stuntin.

Serta pentingnya MPASI untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kepada 1.000 keluarga yang memiliki anak usia 6-24 bulan.

“Setiap satu orang kader akan memberikan edukasi kepada 10 keluarga,” kata Dr. Tin Herawati pada Selasa, 4 Juli 2023.

Kader-kader yang telah mengikuti pelatihan (TOT) juga akan melakukan demonstrasi memasak MPASI lezat dan bergizi seimbang yang tercantum dalam Buku Resep MPASI Nutrimenu kepada 1.000 keluarga yang memiliki anak usia 6-24 bulan.

Kader-kader tersebut juga akan memberikan pendampingan dan pemantauan kepada keluarga yang dibinanya dalam menerapkan kebiasaan baik dalam menyajikan MPASI yang lezat dan bergizi seimbang.

“Secara keseluruhan, program Nutrimenu Serbu Harapan ini akan dilaksanakan selama 21 hari,” ucapnya.

Sementara itu, Camat , Dudi Fitri Susandi, menyatakan bahwa 100 kader yang mengikuti pelatihan ini akan ditempatkan di masing-masing Kelurahan untuk mendampingi 10 anak.

Di Kecamatan terdapat 1.000 anak yang akan didampingi oleh 100 kader Kelurahan.

“Nantinya, 10 kader terbaik akan mendapatkan penghargaan. Saya berpesan kepada para Lurah untuk memantau kader-kader terbaiknya saat satu kader mendampingi 10 anak. Target kita adalah menjadikan 1.000 anak ini sebagai generasi emas pada tahun 2045,” ungkapnya.

Sebagai informasi, tujuan dari program Nutrimenu Serbu Harapan adalah meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pentingnya menyajikan MPASI yang lezat dan bergizi seimbang pada anak usia 6-24 bulan, atau dalam periode 1.000 hari pertama kehidupan (seribu harapan).

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ibu dalam menyajikan MPASI yang lezat dan bergizi seimbang sesuai dengan panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI untuk setiap tingkatan usia anak.

Hal ini dilakukan melalui inspirasi resep MPASI Nutrimenu.

Untuk membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama 1.000 hari pertama kehidupan, Royco mempersembahkan sejumlah inovasi dan inisiatif.

Di antaranya adalah meluncurkan rangkaian produk Royco Kaldu Spesial (dalam kemasan warna hijau) yang diformulasikan tanpa micin, pewarna sintetis, pengawet, dan dengan kandungan garam yang lebih rendah.

Produk ini dipilih sebagai pilihan yang lebih sehat untuk mendukung ibu dalam memberikan pengalaman “Wisata Rasa” terbaik kepada anak melalui MPASI yang lezat dan bergizi seimbang.

Selain itu, Royco juga menghadirkan buku resep “Sajian MPASI Homemade Ala Royco Kaldu Spesial” yang mengikuti panduan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani”.

Setiap resep dalam buku ini telah diuji oleh tim gizi IPB dan mengandung kadar garam yang sesuai untuk menu MPASI.

Informasi mengenai resep-resep tersebut dapat diakses melalui tautan https://www.royco.co.id/kaldu-mpasi/sajian-mpasi-homemade-royco.html.

Royco juga menyusun flip chart atau lembar balik yang berisi panduan MPASI sesuai dengan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani” berdasarkan usia anak.

Flip chart ini dibagi menjadi beberapa judul, seperti “MPASI 6 Bulan”, “MPASI 9 Bulan”, dan “MPASI 12 Bulan”.

Materi lembar balik ini dapat diakses melalui tautan https://www.royco.co.id/kaldu-mpasi/mpasi-untuk-si-kecil.html.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here