Thursday, 2 May 2024
HomeNasional5 Amalan Dilakukan di Hari Jum'at, Umat Muslim Simak!

5 Amalan Dilakukan di Hari Jum’at, Umat Muslim Simak!

Bogordaily.net – Simak beberapa baik yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk dilakukan di hari Jum'at.

Hari Jum'at merupakan hari paling baik dari hari lainnya. Alangkah baiknya umat muslim melakukan hal-hal baik.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah pahala di hari Jum'at. Apa saja? simak beberapa baik yang bisa diterapkan setiap hari Jum'at.

di Hari Jum'at

Baca juga : Biodata Marlo Ernesto, Viral Usai Wawancara Keisya Levronka di Podcast: Umur, Akun IG

1. Shalat Jum'at

Shalat Jum'at adalah ibadah wajib bagi laki-laki Muslim yang telah baligh dan berada di lingkungan masjid.

Ini adalah salah satu bentuk penghormatan khusus untuk hari Jum'at. Umat Muslim berkumpul di masjid untuk mendengarkan khutbah (ceramah) dan berdoa bersama sebagai bentuk kebersamaan dan pengingat akan pentingnya hari ini.

2. Membaca Surah Al-Kahf

Dianjurkan untuk membaca Surah Al-Kahf (Surah ke-18 dalam Al-Quran) pada Hari Jum'at. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapa pun yang membacanya akan mendapatkan cahaya di antara dua Jum'at .

3.Memperbanyak Shalawat untuk Nabi Muhammad SAW

Di Hari Jum'at , dianjurkan untuk lebih banyak mengucapkan shalawat (doa dan pujian) untuk Nabi Muhammad SAW. Mengirimkan shalawat kepada beliau adalah tanda cinta dan penghormatan bagi Rasulullah.

4. Berdoa dan Memohon pada Waktu Mustajab

Baca juga : Liburan Bawa Ganja, Gigi Hadid Ditahan

memiliki waktu-waktu yang mustajab (dikabulkan) untuk berdoa, seperti antara adzan dan iqamah, dan setelah shalat Jum'at sebelum beranjak dari masjid. Umat Muslim dianjurkan untuk berdoa dan memohon dengan khusyu' pada waktu-waktu ini.

5. Bersedekah

Jum'at juga merupakan waktu yang baik untuk bersedekah dan memberi kepada orang yang membutuhkan. Memberi sedekah pada hari Jum'at memiliki nilai dan keberkahan yang lebih besar.

Melakukan - ini di hari Jum'at merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, mendapatkan keberkahan, dan meningkatkan keimanan. Namun, perlu diingat bahwa keutamaan dari setiap tergantung pada niat dan kesungguhan hati dalam melaksanakannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here