Friday, 3 May 2024
HomeNasionalArti Kembar Mayang yang Tidak Diangkat yang Viral di TikTok

Arti Kembar Mayang yang Tidak Diangkat yang Viral di TikTok

Bogordaily.net– Apa yang tidak diangkat dalam pernikahan Jawa artinya apa? yang tidak diangkat viral di TikTok. Berikut yang tidak diangkat dalam sebuah pernikahan Jawa.

merupakan sepasang hiasan dekoratif simbolik setinggi setengah sampai satu badan manusia yang dilibatkan dalam upacara perkawinan adat Jawa. Khususnya sejak sub-upacara midodareni sampai panggih.

biasanya dibawa oleh pria dan mendampingi sepasang cengkir gading yang dibawa oleh sepasang gadis.

tersusun dari bunga, buah, serta anyaman janur yang disusun sedemikian rupa sehingga tampak indah.

Dirangkum dari Suara.con, kembar mayang mirip dengan tatanan sesaji buah. Ini biasa dipersembahkan dalam upacara ritual Bali tetapi biasanya agak lebih besar.

Kembar mayang merupakan hiasan yang dirangkai pada batang semu pisang. Batang semu pisang ini ditegakkan pada tempolong atau paidon kuningan.

Makna Empat Simbol Daun

Hiasan janur yang disertakan paling tidak memiliki empat ragam anyam yakni keris, belalang, payung, dan burung.

Selain itu disertakan juga empat macam daun yakni daun kemuning, nering, alang-alang, dan croton. Bunga yang disertakan adalah melati, kantil, dan pudak, serta bunga merak.

Buah yang biasanya digunakan yakni nanas yang diletakkan di posisi paling atas, kadang-kadang ditambah apel dan jeruk. Sindur (selendang pinggang berwarna merah-putih) juga dibebatkan pada kembar mayang.

Ragam anyam janur yang berjumlah empat memiliki simbol tersendiri. Ragam keris berarti melindungi dari bahaya dan pesan agar berhati-hati dalam kehidupan.

Baca Juga: Lagu Dangdut Viral 2023, Lengkap dengan Link dan Lirik

Kemudian ragam belalang memberi pesan agar tidak ada halangan di kemudian hari. Ragam payung berarti pengayoman atau perlindungan.

Lalu ada ragam burung melambangkan kerukunan dan kebahagiaan seperti burung.

Membawa kembar mayang dilakukan dengan dua cara. Yakni diangkat sejajar pundak dan tidak boleh diangkat melebihi atas perut.

Jika kembar mayang diangkat sejajar pundak memiliki mempelai wanita masih perawan asli. Sebaliknya, kalau kembar mayang diangkat rendah tidak di atas perut menandakan mempelai wanita sedang hamil.

Demikian kembar mayang yang viral di TikTok.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here