Wednesday, 8 May 2024
HomePolitikElektabilitas Capres Prabowo, Ganjar, Anies Versi Survei LSJ Terbaru

Elektabilitas Capres Prabowo, Ganjar, Anies Versi Survei LSJ Terbaru

Bogordaily.net–  bakal versi Survei LSJ terbaru.  Lembaga Survei Jakarta atau LSJ merilis hasil survei tiga bakal calon presiden (). Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Berikut hasil survei Prabowo, Ganjar dan Anies.

Survei dilakukan pada 20 hingga 29 Juni 2023 di 34 provinsi. Terdapat 1.200 responden terlibat dalam survei tersebut.

Batas kesalahan atau margin of error kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dari hasil survei menunjukkan 40,3 persen responden memilih Prabowo. Di urutan berikutnya yakni 32,6 persen responden memilih Ganjar. Kemudian Anies dipilih oleh 20,7 persen responden. Sisanya 6,4 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto mengatakan dari hasil survei tersebut, Prabowo unggul. Meski dalam format pertanyaan terbuka atau tertutup, kata Fetra, Prabowo tetap teratas.

“Data ini semakin menegaskan bahwa keunggulan Prabowo atas para kompetitornya adalah suatu realitas,” kata Fetra Ardianto dalam paparannya dilansir dari Suara.com, Senin 3 Juli 2023.

LSJ dalam survei yang sama, juga mencoba mencari pilihan responden sosok calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo. Hasilnya, sebanyak 19,5 persen responden memilih Erick Thohir untuk menemani Prabowo sebagai cawapres.

Lalu ada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang dipilih oleh 14,3 persen.

Fetra menjelaskan, Erick Thohir dinilai cocok mendampingi Prabowo sebagai cawapres sebab bisa mempresentasikan kombinasi ideal -cawapres untuk Indonesia masa depan. Yakni representasi Jawa-non Jawa, militer-sipil, dan tua-muda.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here