Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaGempa Bumi Magnitudo 4,0 Guncang Bandung 

Gempa Bumi Magnitudo 4,0 Guncang Bandung 

Bogordaily.net – Terjadi dengan kekuatan magnitudo 4,0 yang mengguncang Bandung, Jawa Barat Senin, 10 Juli 2023 pagi sekira pukul 09.18 WIB.

Badan Metreologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pusat getaran gempa berada di laut dengan kedalaman 26 Km.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, lokasi pusat getaran gempa berjarak 88 Km arah barat daya Kabupaten Bandung, dengan titik koordinat 7.77 Lintang Selatan (LS) dan 107.26 Bujur Timur (BT).

“Dirasakan (MMI) III Rancabuaya, III Pameungpeuk, III Cisompet, II Cikajang, II Singajaya,” demikian cuit akun Twitter @InfoBMKG.

Baca juga : Link DANA Kaget Gratis Hari Ini, Rejeki Nomplok Dapat Saldo Gratis

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan resmi dampak kerusakan dan korban jiwa akibat tersebut.

“#Gempa (UPDATE) Mag:4.0, 10-Jul-23 09:18:18 WIB, Lok:7.77 LS, 107.26 BT (Pusat gempa berada di laut 88 Km Baratdaya Kabupaten Bandung), Kedlmn:26 Km Dirasakan (MMI) III Rancabuaya, III Pameungpeuk, III Cisompet, II Cikajang, II singajaya #BMKG,” cuit akun Twitter @InfoBMKG.

Penjelasan

adalah suatu fenomena alam yang terjadi ketika terjadi pergeseran tectonic di bawah permukaan bumi.

dapat terjadi secara tiba-tiba dan sering disertai dengan getaran atau goncangan yang kuat.

Intensitas diukur dengan menggunakan skala Richter atau skala Magnitude, yang mengukur energi yang dilepaskan oleh gempa tersebut.

Pada umumnya, terjadi karena pergerakan lempeng bumi yang bergeser secara horizontal atau vertikal.

Pergerakan ini dapat terjadi karena adanya tekanan dan gesekan di antara lempeng tersebut.

Ketika lempeng bergeser, energi yang dilepaskan akan menyebar dalam bentuk gelombang seismik, yang dapat merambat ke seluruh permukaan bumi.

Baca juga : Ramalan Cuaca Senin 10 Juli: Kota Bogor Hujan Petir

dapat memiliki dampak yang sangat merusak, tergantung pada lokasi, kedalaman, dan kekuatannya. dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan, infrastruktur, dan jalan, serta dapat menyebabkan kehancuran pada lingkungan dan menyebabkan korban jiwa.

Karena itu, penting untuk memahami cara mengantisipasi, merespons, dan meminimalkan risiko dari .

Demikian informasi soal gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,0 yang mengguncang Bandung, Jawa Barat Senin, 10 Juli 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here