Saturday, 6 July 2024
HomeKulinerJenis-jenis Potongan Ayam Karkas di Pasaran

Jenis-jenis Potongan Ayam Karkas di Pasaran

Bogordaily.net – Ayam adalah bahan masakan yang cukup sering digunakan untuk kebutuhan masakan sehari-hari maupun kebutuhan makanan di acara-acara besar. adalah salah satu jenis ayam yang paling digunakan dalam sebuah masakan karena paling banyak dijual di pasaran.

Penting untuk mengenali jenis potongan dalam di pasaran mengingat jenis potongan ini biasanya harus disesuaikan dengan jenis masakan. Inilah beberapa jenis potongan pada yang perlu Anda ketahui sebelum memasak!

Jenis Potongan sesuai dengan Kebutuhan Masakan

adalah nama lain dari ayam potong yang biasa dijual oleh pebisnis ayam. Bagian atau potongan dari ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan masakan yang ingin Anda buat.

1. Chicken Breast

Jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia, bagian ini disebut dengan dada. Namun, secara prakteknya, bagian yang satu ini adalah gabungan antara dada dan sayap ayam. Biasanya, bagian ayam yang satu ini digunakan untuk membuat sajian nasi kotakan atau lauk untuk pesta pernikahan.

2. Chicken Wing

Kali ini, sesuai dengan namanya, bagian ayam yang satu ini adalah bagian sayap. Meskipun jumlah daging di bagian ini terbilang sedikit dibandingkan dada ataupun paha, sayap tetap diminati berkat kegurihan dan kekhasan rasa dari dagingnya. Hal ini wajar mengingat dibandingkan bagian lainnya, sayap memiliki lebih banyak kulit pembungkus.

3. Chicken Drumstick

Sebutan ini juga tidak kalah asing di kalangan para penikmat ayam goreng ketika memesan ayam di bagian paha bawah. Bagian yang satu ini cocok untuk disajikan menjadi berbagai jenis masakan, salah satunya ayam goreng.

4. Paha Atas

Jika Anda menyukai bagian ayam yang memiliki daging paling banyak, maka paha atas adalah pilihan yang tepat. Potongan ini biasanya berada di kaki bagian atas lutut ayam sehingga terhubung dengan bagian tubuh ayam. Rasa dari daging bagian paha atas ini juga dikenal lezat dan gurih.

5. Ceker

Bagian kaki dari ayam ini juga banyak disajikan di pasaran dalam berbagai jenis masakan. Ceker cukup diminati meskipun tidak memiliki banyak daging mengingat adanya pengalaman tersendiri yang hanya bisa dirasakan ketika memakan bagian yang satu ini.

6. Ayam Filet

Jika Anda pelaku hidup sehat, maka Anda mungkin menyukai jenis ayam filet ini dibandingkan bagian lainnya. Hal ini karena sudah tidak ada lagi jaringan lemak dari bagian ayam tanpa kulit ini. Tentu, bagian ayam yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin membuat menu dari ayam untuk program diet.

7. Halves

Secara harfiah, halves berarti setengah. Sebutan ini digunakan untuk merujuk pada utuh yang dipotong menjadi dua bagian sama besar.

8. Ayam Utuh

Dalam bahasa Inggris atau toko-toko besar tertentu, produk ayam utuh juga dikenal dengan sebutan whole chicken. Bagian yang satu ini juga sering digunakan dalam acara-acara pernikahan hingga syukuran.

9. Seperempat

Setelah membaca adanya istilah halves dalam potongan daging , Anda mungkin sudah bisa menebak makna dari sebutan seperempat ini. Tepat! Sebutan ini merujuk pada daging ayam utuh yang dibagi sama besar ke dalam 4 bagian.

10. Potongan Lainnya

Jenis potongan yang satu ini merujuk pada jumlah potongan daging ayam karkas yang bisa dilakukan oleh penjual. Biasanya potongan ayam ini dimulai dari 4 bagian hingga 12 bagian. Biasanya tidak ada penjual yang melayani potongan yang lebih dari 12 bagian.

Itulah beberapa jenis potongan yang perlu Anda ketahui sebelum mengolah masakan berbahan dasar ayam. Bagian ayam di atas bisa diolah menjadi berbagai masakan, salah satu yang paling mudah adalah ayam goreng sederhana yang resepnya mudah ditemukan di berbagai platform termasuk Kingkong Meats. Meskipun begitu, Anda tetap harus memastikan jumlah kalori ayam goreng saat mengonsumsinya.

Kingkong Meats sendiri adalah aplikasi penyedia produk bahan masakan yang melayani kota-kota besar, seperti Jakarta, Bekasi, Depok, hingga Tangerang Selatan. Kendatipun jangkauannya masih terbatas, di masa depan, Kingkong Meats berkomitmen untuk memperluas area hingga kota lain di pulau Jawa.

Kingkong Meats bisa Anda unduh dari aplikasi Google PlayStore dari Android dan Apple AppStore dari iOS. Anda juga bisa mengakses layanan Kingkong Meats dari e-commerce seperti Bukalapak.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here