Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorKetua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian, Raih Juara 1 sebagai Pembina Teladan...

Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian, Raih Juara 1 sebagai Pembina Teladan 2023

Bogordaily.net, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor, berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Pembina Teladan pada acara Dekranasda Award 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya, dalam acara Karya Kreatif dan Pekan Kerajinan Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap dedikasi dan inovasi daerah dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam bidang kerajinan.

“Alhamdulillah, upaya yang telah dilakukan oleh Dekranasda Kota Bogor dalam pengembangan kerajinan dan produk unggulan mendapatkan apresiasi,” ujar .

Yane mengungkapkan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi mereka untuk terus memberikan dampak yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

Yane juga menyampaikan bahwa salah satu inovasi terbaru adalah hadirnya maskot baru Kota Bogor yang bernama Rubo. Rubo, singkatan dari Rusa Bogor, bukan hanya sekadar ikon, tetapi juga bertujuan untuk menggerakkan sektor ekonomi kreatif.

Bahkan, dalam acara tersebut, Wali Kota Bogor, Bima Arya, dan secara langsung memperkenalkan Rubo kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, serta membuka booth khusus yang menjual aksesoris dan kerajinan dengan tema Rubo.

“Rubo menjadi milik semua warga Kota Bogor dan dapat diproduksi oleh seluruh UMKM di Kota Bogor. Dekranasda terus memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM sehingga karya mereka, baik berupa kerajinan maupun merchandise, memiliki kualitas dan nilai yang baik,” jelas Yane.

Saat ini, banyak UMKM yang telah memproduksi kerajinan dengan nuansa Rubo, mulai dari aksesoris, pakaian, tas, sepatu, hingga cookies bambu.

“Harapannya, maskot Rubo ini dapat menjadi duta Kota Bogor yang tentunya dapat berdampak pada kunjungan wisatawan dan membangkitkan semangat UMKM. Semoga juga dapat menginspirasi daerah lain untuk berkolaborasi,” tutup Yane.***

Muhammad Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here