Sunday, 5 May 2024
HomeTravellingMelongok Desa Wisata Purwabakti yang Lolos 75 Besar Desa Terbaik se-Indonesia

Melongok Desa Wisata Purwabakti yang Lolos 75 Besar Desa Terbaik se-Indonesia

Bogordaily.net masuk nominasi 75 besar desa wisata terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Salah satu desa di Kecamatan , Kabupaten Bogor ini juga menjadi desa wisata terbaik pada ajang lomba desa tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023.

“Ini prestasi yang membanggakan. Semoga pencapaian ini tidak hanya menjadikan terbaik se-Indonesia, tetapi juga memberikan manfaat terhadap peningkatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Purwabakti,” ujar Kepala Desa Purwabakti, Tajudin Arifin sebagaimana dilansir dari laman resmi Pemprov Jabar.

Desa Wisata yang luasnya sebesar 1.662 hektare ini memiliki banyak keindahan alam dan budaya yang dimanfaatkan sebagai usaha pariwisata. Misalnya curug, bukit, dan terasering yang dimanfaatkan sebagai wisata alam.

Upacara Adat Desa Wisata

Selain itu, ada pula upacara-upacara adat yang berkaitan dengan pertanian seperti Seren Taun, Sedekah Bumi, dan Panen Raya dikategorikan sebagai wisata budayanya.

Kekayaan alam dan budaya tersebut berpotensi menjadikan Desa Purwabakti sebagai Desa Wisata. Bersama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Bahkan, desa ini berhasil mengembangkan wisata tematik dengan menerapkan edukasi terkait keanekaragamannya. Yaitu keanekaragaman budaya (Cultural Diversity), keanekaragaman hayati (Biodiversity), dan keanekaragaman alami (Natural Diversity) kepada para wisatawan dengan sistem paket edu agro.

Sedangkan konsep Wisata Tematik yang diusung adalah budaya dan masyarakat. Sehingga produk wisata yang ditawarkan berupa rangkaian dari beberapa daya tarik kebudayaan dan destinasi wisata alam. Lalu kearifan lokal, pendidikan/edukasi, dan kelestarian lingkungan serta konservasi ekosistem.

Melalui kekayaan alam dan budaya tersebut, pendapatan Desa Purwabakti kini didominasi oleh pertanian dan hasil kerajinan melalui usaha pariwisatanya. Selain melalui usaha pariwisatanya, juga bekerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam memberdayakan ibu-ibu dan UMKM lokal untuk membuat produk bisnis berbasis gula aren.

“Desa Purwabakti enam puluh persen didominasi oleh pertanian dan kerajinan dari produksi hasil pertanian oleh para pelaku UMKM,” jelas Tajudin.(Annisa Amara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here