Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorPlt Bupati Minta Jajarannya Dukung Koperasi di Kabupaten Bogor Lebih Maju dan...

Plt Bupati Minta Jajarannya Dukung Koperasi di Kabupaten Bogor Lebih Maju dan Berkembang

Bogordaily.net – Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta seluruh jajarannya untuk mendukung gerakan koperasi di Kabupaten Bogor agar lebih maju dan berkembang.

Hal tersebut ditegaskan pada peringatan Hari Koperasi ke-76, di halaman kantor Dinas dan UKM (Diskop UKM) Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu 12 Juli 2023.

Menurut Iwan, semangat Hari ke-76 ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, tapi kita harus mewujudkan esensinya yakni mengembangkan eksistensi di wilayah Kabupaten Bogor.

“Saya mengapresiasi ketua Dekopinda Kabupaten Bogor yang selalu menjalin komunikasi dengan kami, saya perintahkan jajaran perangkat daerah dan para camat untuk ditindaklanjuti,” kata Iwan Setiawan, Rabu 12 Juli 2023.

Iwan mencatat aspirasi dari Dekopinda Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan tersebut ia minta seluruh jajaran camat dan perangkat daerah, baik yang langsung atau tidak langsung berkaitan dengan perkoperasian untuk mendukung setiap kegiatan agar lebih baik, lebih maju, dan lebih berkembang.

Ia menjelaskan, merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

Untuk mensejahterakan anggotanya, menyelenggarakan berbagai usaha serta pelayanan sesuai kebutuhan anggota.

Disitulah inti dari sebagai perusahaan dimana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasanya.

“Memajukan dibutuhkan landasan hukum yang kuat sebagai pegangan bagi semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, aparat penegak hukum, dan pihak-pihak lainnya. Saat ini Kementerian dan UKM tengah menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) perokoperasian sebagai pengganti Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian,” jelasnya.

Ia menambahkan, RUU perkoperasian ini dirancang untuk mendorong lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global.

“Dengan adanya pembaharuan undang-undang perkoperasian ini kita berharap koperasi mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar,” ujar Iwan.

Sementara itu, dalam peringatan Hari Koperasi ke-76 tingkat Kabupaten Bogor ini dimeriahkan oleh pertunjukan Tari Jaipong dari Sanggar Dahayu, pemotongan tumpeng, musik yang ditampilkan oleh Limiter Band, seminar perkoperasian, bazar UMKM.

Turut hadir pada acara tersebut, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bogor, jajaran kepala perangkat daerah dan camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here