Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorSelain Padamkan Api, Ini Tugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor untuk Bantu Warga

Selain Padamkan Api, Ini Tugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor untuk Bantu Warga

Bogordaily.net – Tugas atau damkar tak hanya memadamkan api insiden kebakaran. Damkar memiliki memiliki fungsi lain yakni rescue atau penyelamatan.

Dengan tidak mengenyampingkan fungsi utamanya, petugas Damkar memiliki sejumlah keahlian rescue. Tugas lainnya di antaranya membantu menolong orang hanyut di sungai, tenggelam, penanganan orang yang hendak bunuh diri di ketinggian, termasuk menangkap hewan yang berbahaya seperti ular.

“Jadi ketika tidak ada peristiwa kebakaran, petugas Damkar tetap bertugas membantu masyarakat,” kata Sekretaris Dinas , Hidayat Saputra Dinata.

Bahkan, kata Hidayat penanganan bidang rescue cukup mendominasi saat ini.

“Satu hari bisa 80 kegiatan membantu penanganan di masyarakat. Viral dan kami cukup keteteran,” imbuhnya.

Baca Juga: HUT Ke-104, Damkar Kabupaten Bogor Juara Nasional NFSC

Hidayat berharap kehadiran para relawan dapat memperingan tugas Damkar di lapangan terutama dalam penanganan rescue.

“Kami bisa melaksanakan pelatihan bersama dengan para relawan. Makanya kami menyambut positif kehadiran relawan seperti Relawan Mandiri Bersatu yang siap berkolaborasi. Termasuk di setiap desa harus ada namanya Redkar, relawan ,” jelasnya.

Di samping itu, Sekdis Damkar juga berharap posko bersama antara Damkar SAR, BPBD, dan Satpol PP bisa segera berfungsi di kawasan di Gunung Mas, Puncak, Cisarua.

Sekadar informasi, saat ini memiliki 800 tenaga pemadam dan 200 orang rescue, serta 45 unit armada pemadam. (Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here