Thursday, 16 May 2024
HomeKabupaten BogorSiapkan Rp1,9 Miliar untuk Ganti Rumput Stadion Pakansari, Ini Kata Kepala Dispora

Siapkan Rp1,9 Miliar untuk Ganti Rumput Stadion Pakansari, Ini Kata Kepala Dispora

Bogordaily.net–  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyiapkan anggaran sekitar Rp1,9 miliar untuk mengganti rumput Lapangan .

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Asnan mengatakan saat ini proses penggantian rumput masih dalam tahap tender di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ).

“Saat ini, masih proses lelang. Mungkin akhir Agustus bisa mulai dikerjakan penggantian rumput dan perbaikan drainase,” kata Asnan Senin, 17 Juli 2023.

Menurut Asnan, rumput baru yang akan digunakan berjenis Zoysia Japonica atau lebih dikenal dengan rumput Jepang.

Rumput jenis ini, kata dia, memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding Zoysia Matrella yang digunakan sebelumnya.

Asnan menyebut Zoysia Japonica banyak digunakan untuk lapangan golf. Rumput jenis ini memiliki tingkat pemulihan lebih cepat, meski memiliki tekstur lebih kasar dibanding Zoysia Matrella.

“Zoysia Japonica bisa tumbuh lebih cepat dan lebih taha banting dengan iklim Indonesia dan penggunaan dengan intensitas sangat tinggi,” jelas Asnan.

Sejak diresmikan beroperasi pada 2016, rumput diketahui belum pernah diganti sama sekali.

Sekitar tujuh tahun berlalu, kini kondisi stadion pun cukup memprihatinkan. Terlebih saat hujan turun. Stadion kebanggaan warga Kabupaten Bogor itu sering terjadi banjir.

Namun, stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu masih digunakan sebagai home base Persikabo 1973 dalam menghadapi Liga 1.(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here