Wednesday, 19 June 2024
HomeTravellingCantik Banget, Hamparan Salju Kapuk Hiasi Kebun Raya Bogor

Cantik Banget, Hamparan Salju Kapuk Hiasi Kebun Raya Bogor

Bogordaily.net–  Salju kapuk kembali mewarnai . Pada Agustus ini fenomena indah terjadi lagi di yakni bertebarannya kapuk yang berasal dari pohon randu yang ada di .

Di Indonesia pohon kapuk ini banyak tumbuh di pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Timur pada ketinggian 300 mdpl. Dengan curah hujan tahunan 1500-3000 mm.

Pada ketinggian yang lebih besar dan banyak hujan, pohon kapuk masih dapat tumbuh subur dan tinggi. Namun buah hasil panennya tidak banyak dan sering busuk.

Ukuran pohon ini mencapai 20 meter, besar batangnya lebih dari 50 cm. Untuk berproduksi buah membutuhkan tanah yang cukup subur, dalam dan gembur, misalnya tanah vulkanik dan tanah endapan.

Serat buahnya dipakai untuk pengisi kasur dan bantal. Kulit pohon kapuk berguna sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Seperti bagi penderita kesulitan kencing,kencing batu, obat asma, obat batuk, disentri serta untuk membersihkan rambut.

Kebun Raya Bogor salju kapuk

Pohon Kapuk di

Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin menjelaskan, pohon Kapuk (Kapok Tree) atau Bahasa latinnya yaitu Ceiba pentandra (L.) Gaertn (Malvaceae) di terdapat 6 pohon.

Dan spot favorite bagi para pengunjung yaitu di Taman Cappelen yang berlokasi di sekitar Jalan Astrid.

“Fenomena ini sudah terjadi sekitar tiga Hari ke belakang dan puncaknya di akhir Agustus ini. seperti sedang berada di musim salju, kapuk yang berterbangan ini membuat hamparan diselimuti kapuk putih nan indah di atas rerumputan yang hijau,”  kata Zaenal Arifin, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Yuk datang dan kunjungi untuk mendapatkan fenomena indah bak salju yang terjadi satu tahun sekali di .

Bagi Teman #KebunRaya bisa melihat update cuaca, aktivitas terkini pengunjung Kebun Raya dan promosi terbaru setiap bulannya hanya di laman Instagram @kebunraya_id.

Saat ini pembelian tiket masuk wisata ke empat Kebun Raya (, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Bali) dapat juga dilakukan secara online melalui website www.kebunraya.id.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here