Friday, 3 May 2024
HomeEkonomiKemenkopUKM Gencar Tumbuhkan Wirausaha By Design

KemenkopUKM Gencar Tumbuhkan Wirausaha By Design

Bogordaily.net–  terus berupaya menumbuhkan by design, salah satunya melalui ekosistem kewirausahaan.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM () Siti Azizah menekankan pentingnya terus menumbuhkan by design melalui ekosistem kewirausahaan. Yakni melalui program Entrepreneur Hub untuk mencapai dua tujuan utama.

Baca Juga: Hari UMKM Nasional, KemenKopUKM Suguhkan Rangkaian Transformasi UMKM  

Pertama, terfasilitasinya 200 pelaku usaha di Solo untuk bertransformasi menjadi by desain dengan bisnisnya yang bertumbuh melalui beragam kegiatan seperti workshop, mentoring, match making, dan sebagainya.

Kedua, terbangunnya ekosistem kewirausahaan yang kondusif bagi tumbuh kembangnya di Solo.

Azizah menjelaskan program Entrepreneur Hub yang diinisiasi disambut dengan baik oleh seluruh pihak terkait.

KemenkopUKM
Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM () Siti Azizah dalam Entrepeneur Hub 2023. (Foto: Humas KemenKopUMKM)

“Hal ini terbukti dari banyaknya pemerintah daerah yang mengintegrasikan program pengembangan kewirausahaannya ke dalam Entrepreneur Hub,” kata Azizah dalam acara Entrepeneur Hub 2023, yang merupakan rangkaian acara hari UMKM nasional di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 9 Agustus 2023.

Ia menyebut dalam menyukseskan program Entrepreneur Hub, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak terkait. Baik dari kalangan BUMN, swasta, maupun komunitas yang secara voluntary juga mengintegrasikan diri sebagai kolaborator program.

Untuk itu pihaknya melibatkan banyak elemen. Mulai dari unsur pemerintah pusat dan daerah, perguruan tinggi, perbankan, entitas swasta, serta komunitas .

“Ke depan, saya berharap akan semakin banyak pihak yang akan bergabung sebagai kolaborator. Pasalnya, pengembangan kewirausahaan nasional tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah semata,” ujar Azizah.

Entrepreneur Hub

Oleh karena itu, kata Azizah, pihaknya mendesain Entrepreneur Hub sebagai program kolaboratif yang mengintegrasikan seluruh sumberdaya para pihak ke dalam satu gerak langkah yang terpadu dan konvergen pada satu visi bersama.

“Tujuannya, untuk terwujudnya wirausaha mapan dengan usaha yang innovatif dan berkelanjutan di tanah air,” kata Azizah.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan ide kreatif dan inovatif dari para wirausaha muda dapat menciptakan ekosistem kewirausahaan yang mandiri.

“Ekosistem itu dibangun oleh semangat kewirausahaan yang sama, dan tidak bisa berjalan sendiri. Kalau itu bisa tercipta, dengan bonus demografi yang kita miliki, maka Indonesia Emas di tahun 2045 dapat tercapai. Bahkan, Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi ketiga dunia,” ujar Teguh.

Sementara itu terkait pangsa pasar, ia menegaskan tidak harus ekspor, melainkan pasar domestik yang juga terbilang sangat besar.

Artinya menurut Teguh untuk menguasai pasar dalam negeri, sektor hulu hingga hilir harus sudah selesai di dalam negeri.

Ia mencontohkan produk jamur, jangan ekspor jamur, tetapi jamur yang sudah diolah menjadi makanan dengan aneka rasa. Juga dengan kemasan yang bagus dan menarik.

Teguh pun mengajak kalangan muda untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam membangun ekosistem kewirausahaan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here