Thursday, 25 July 2024
HomePolitikKetua Bawaslu Minta Anggota Terpilih Kuasai Asas Kepastian Hukum dalam Pemilu

Ketua Bawaslu Minta Anggota Terpilih Kuasai Asas Kepastian Hukum dalam Pemilu

Bogordaily.net – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja meminta anggota daerah terpilih menguasai dan menerapkan asas kepastian hukum dalam penegakkan sengketa proses .

“Di , segala prosedur itu pasti. Hanya satu yang belum pasti, hasil . Itulah yang harus teman-teman lakukan, kepastian hukum,” ujar Bagja saat membuka Rakernis Penyelesaian Sengketa Proses Gelombang I, Senin, 22 Agustus 2023.

Menurut Bagja, penguasaan ilmu hukum bagi Anggota terpilih sangatlah penting.

Baca juga : Nonton Anime Okashi na Tensei Episode 9 Subtitle Indonesia Cek di Sini

Walaupun tidak semua anggota terpilih memiliki latar belakang hukum, bukan berarti tidak mempelajari dasar-dasar hukum karena mengampu divisi penyelesaian sengketa, erat kaitannya dengan proses hukum.

Dia mencontohkan, anggota terpilih harus mampu membedakan mana alat bukti dan barang bukti dalam hukum acara proses pembuktian. Karena lanjut dia, bila anggota tidak dapat membuktikan, maka akan fatal dalam penentuan keputusan sidang.

“Jadi bapak dan ibu harus menguasai hukum. Karena akan menjadi pemutus proses sengketa ,” tegasnya.

Baca juga : Rizz Artinya Apa? Istilah yang Viral di Tiktok

Karena kata lulusan Universitas Indonesia itu, suksesnya Bawaslu dalam mengemban tugas, tercermin dalam dua indikator yaitu dalam penanganan pelanggaran dan sengketa proses .

“Jika keduanya berhasil Bawaslu jalankan dan selesaikan dengan sukses, maka itu kesuksesan Bawaslu sebenarnya,” tukasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here