Tuesday, 21 May 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Tanggapi Soal Kekeringan yang Masih Melanda di Kabupaten Bogor

Ketua DPRD Tanggapi Soal Kekeringan yang Masih Melanda di Kabupaten Bogor

Bogordaily.net–  , Rudy Susmanto tanggapi soal yang terus melanda di wilayah Kabupaten Bogor.

Menurut Rudy, bencana memang kerap terjadi karena perubahan iklim. Tidak hanya di Kabupaten Bogor, Indonesia bahkan di dunia.

Maka dari itu kata Rudy, perlunya menjaga kelestarian alam dari berbagai stakeholder mulai dari Pemerintah, aparat dan juga masyarakat sekitar.

“Tentu di Kabupaten Bogor kita jaga alam kita maka alam akan menjaga kita. Contoh di Pakansari beberapa mana kosong itu hanya sebagai contoh ajakan untuk menjaga alam kita walaupun lahan nya tidak luas,” kata Rudy Susmanto, Jumat 18 Agustus 2023.

Rudy mengatakan, kunci utama untuk menyelesaikan bencana yakni dengan menjaga kelestarian alamnya. Sebab kata Rudy, pada saat ekosistem masih terjaga tentu airnya akan masih ada.

“Kalau jangka pendek kita distribusikan bantuan air bersih. Tapi kita juga haru berfikir jangka panjangnya dan tidak bisa Bogor menyelesaikan sendirian kalaupun Bogor alamnya lestari atau kota penyangga,” ujar Rudy Susmanto.

“Dan ini bukan permasalahan sendiri tapi ini permasalahan dunia, jadi ayo kesadaran kita sendiri untuk jaga Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Buat Sumur Bor

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana akan membuat sumur Bor untuk atasi yang melanda Kabupaten Bogor di beberapa titik.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi dan penanganan terkait masalah dengan membantu penyaluran air bersih kepada masyarakat yang terdampak di berbagai wilayah.

“Masalah el nino harus diantisipasi jauh-jauh hari dan awal bulan kemarin saya sudah menangani BPBD koordinasi dengan PDAM, pengusaha air curah dan TNI-Polri, untuk membantu masyarakat yang ,” ungkap Iwan Setiawan.

Iwan menegaskan, pihaknya akan terus berupaya meyuplai kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang terdampak .

“Segera dilayani dibantu untuk air bersih dan kepentingan lain. Dari bantuan melalui saluran baru, tangki, atau truk,” tegasnya.

Ia menambahkan, berbagai upaya penanggulangan bencana yang menimpa sejumlah daerah dengan sistem jangka panjang berupa pembuatan sumur tambahan.

“Jangka panjangnya kami akan membuat sumur bor yang ada di wilayah untuk jangka panjang. Selain yang dari PDAM,” ujar Iwan Setiawan.(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here