Friday, 29 September 2023
HomeKabupaten BogorKKM Kelompok 4 IUQI Bogor Gelar Seminar Pentingnya Menggunakan Media Sosial dengan...

KKM Kelompok 4 IUQI Bogor Gelar Seminar Pentingnya Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Bogordaily.net–  Mahasiswa KKM kelompok 04 Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor menyelenggarakan seminar, pada Senin, 21 Agustus 2023. Seminar bertajuk  “Pentingnya Menggunakan Media Sosial dengan Bijak” digelar di SDN Ciaruten Ilir 05 khususnya kelas 6.

Mahasiswi Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor Yuni Ristiani dalam seminar mengatakan kehadiran media sosial di tengah kemajuan teknologi komunikasi membuat banyak orang tidak bisa lepas. Terlebih dengan segala kemudahan yang didapatkan.

Semua bisa diakses melalui media sosial. Namun tentunya dalam hal tersebut harus juga diiringi dengan sikap serta prilaku yang bijak dalam menggunakannya.

Bersikap bijak dalam bermedia sosial menurut Tuni, sangat diperlukan bagi pengguna, termasuk anak SD yang sudah mulai memasuki masa remaja.

“Jarimu, Harimaumu.  Dalam bermedia sosial mudah sekali bagi kita untuk berkomentar atas orang lain. Maka bijaklah dalam menuliskan suatu komentar, pesan maupun status yang akan kita kirim. Jangan sampai media sosial kita menjadi pengaruh buruk terhadap pribadi kita dan orang lain,” ujarnya.

Sama halnya dengan komunikasi di ranah publik dunia nyata, menurut Yuni, pada media sosial juga dapat menimbulkan konflik. Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik  (UU ITE) adalah undang-undang yang dibuat untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan segala penyebaran informasi transaksi elektronik.

“Maka dari itu UU ITE menjadi sebagai payung hukum bagi pelanggar media sosial dan mengharuskan penggunanya untuk berhati-hati dalam berbicara di dunia Maya,” tambahnya.

Tips Menggunakan Media Sosial

Pemateri Yuni Ristiani dalam seminar yang digelar mahasiswa KKM kelompok 04 kemudian menyampaikan beberapa tips yang dapat dilakukan dalam bermedia sosial bagi pengguna agar dapat digunakan dengan bijak.

Beberapa tips yang disampaikan adalah pentingnya menjujung tinggi etika dalam berkomunikasi.

“Selektif lah  dalam menyebarkan informasi, tidak menyebarkan data pribadi, bijak dalam mengatur waktu online. Pilih dan pilah teman atau follower, menghindari curhat, cantumkan sumber. Kemudian menghindari postingan negatif, gunakan tata bahasa yang sopan, jadikan tempat untuk mengembangkan diri serta hasilkan lah sebuah karya,” paparnya.

Media sosial tidak hanya digunakan sebagai tempat berbagi foto atau tulisan tetapi juga berbagi video yang bermanfaat.

“Gunakanlah kemudahan ini untuk mengunggah video bermanfaat hasil karya kita sendiri,” ungkapnya.

“Siapa tahu dari sebuah karya yang bermanfaat. Nama teman-teman sekalian dapat dikenal masyarakat luas dan mendapatkan penghasilan dari video-video tersebut,” lanjut pemateri.

Pada akhir seminar pemateri menyimpulkan, bermanfaat atau tidaknya media sosial sangat tergantung dengan cara kita menggunakannya.

“Gunakan dengan bijak, maka hal-hal baik pun akan kalian dapatkan dari penggunaan media sosial. Sebaliknya jika kalian menggunakan dengan sembarangan dan tidak bertanggungjawab, kalian pun dapat dirugikan dan dituntut karena apa yang kalian lakukan,” ungkapnya.

Diharapkan beberapa tips cara menggunakan media sosial dengan bijak dapat bermanfaat untuk lebih baik dan lebih tepat bersosialisasi di dunia maya.***

Penulis: Yuni Ristiani

Mahasiswi Semester 6

Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here