Sunday, 29 September 2024
HomeKabupaten BogorMahasiswa KKM Kelompok 9 IUQI Bogor Gelar Sosialisasi Pembuatan Lilin dari Minyak...

Mahasiswa KKM Kelompok 9 IUQI Bogor Gelar Sosialisasi Pembuatan Lilin dari Minyak Jelantah

Bogordaily.net – Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor (IUQI) Bogor melaksanakan sosialisasi pengelolaan limbah rumah tangga berupa limbah minyak jelantah yang dibuat menjadi lilin di Masjid At-taqwa Kp Sukamaju RT.002 RW.007, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Kamis, 24 Agustus 2023.

Tak hanya itu, mahasiswa KKM IUQI Bogor juga memberikan donasi Al-Quran, Juz’Amma dan Iqra yang disalurkan untuk lembaga keagamaan di RW.002, RW.007 dan RW.008 Desa Cibitung Wetan.

Kordinator wilayah KKM IUQI, Anisa Husnul Khotimah, SE.,MM mengatakan, bahwa pembuatan lilin dari limbah minyak jelantah merupakan bagian dari program inovasi Desa yang dilakukan oleh Kelompok 9 KKM IUQI.

Bertujuan untuk menjadi solusi masyarakat Desa Cibitung Wetan yang sering terkena pemadaman listrik.

Baca juga : Lokasi Terbaru Fan Meeting Kim Bum di Jakarta, Cek!

Sosialisasi diawali dengan menjelaskan pengertian dari limbah minyak jelantah yang dilanjutkan dengan penyampaian informasi mengenai dampak negatif minyak jelantah, jika digunakan secara berulang-ulang.

Lalu, kegiatan diakhiri dengan penyampaian informasi terkait cara pengelolaan limbah tersebut, yang salah satunya adalah dapat diolah menjadi lilin.

“Ide pengelolaan limbah minyak jelantah menjadi lilin dipilih karena limbah minyak jelantah mudah didapatkan,” katanya.

Selain itu, bahan dan alat yang dibutuhkan pun tersedia di pasaran dan dapat dibeli secara langsung maupun melalui toko online.

Dibekali Bahan

Masyarakat sendiri diberikan bahan pembuatan lilin yaitu bubuk parafin, sumbu, minyak kayu putih dan pewarna crayon agar masyarakat dapat membuat sendiri di rumah.

Baca juga : Link DANA Kaget 25 Agustus, Dapat Saldo Gratis Langsung Cair

“Dalam proses pembuatan lilin ibu-ibu yang hadir dilibatkan dalam proses pembuatan, ibu-ibu dapat menuangkannya ke dalam lilin dan mengaduknya nanti saat sudah beku dan dapat dihidupkan, wangi dari minyak kayu putih tersebut dapat tercium dengan jelas,” imbuhnya.

Dengan diadakannya sosialisasi program inovasi Desa berupa pembuatan lilin dengan pemampaatan minyak jelantah ini diharapkan menjadi peluang bisnis bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kamaludin S.Pd.I (Kepala Desa Cibitung Wetan), Azwar Annas, M.Pd.I (Wakil Rektor III IUQI), Teddy Khumaedi, S.Sos.I, M.Ag, kemudian (Kordinator Wilayah KKM IUQI), Anisa Husnul Khotimah, SE.,MM (DPL Kelompok 9 IUQI) serta mengundang warga setempat. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here