Tuesday, 21 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Bakal Bangun Sumur Bor di 17 Kecamatan Terdampak Kekeringan

Pemkab Bogor Bakal Bangun Sumur Bor di 17 Kecamatan Terdampak Kekeringan

Bogordaily.net–  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana membangun sumur bor di 17 kecamatan terdampak . Selain itu juga menyiagakan 18 armada tangki pengangkut air bersih untuk mendistribusikanya secara rutin.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin saat melakukan rapat pembahasan penanggulangan di Kabupaten Bogor. Rapat digelar bersama jajaran , di Ruang Serbaguna 1 Setda, Senin 28 Agustus 2023.

“Insyaallah mulai besok kita akan turunkan 17 kendaraan tangki air bersih untuk mengirim air bersih ke desa yang membutuhkan air bersih. Baik dari BPBD, Damkar, PDAM dan PMI. Hari ini kita mulai susun jadwal pengirimannya, agar bisa kita kirim rutin setiap hari,” kata Burhanudin.

Pada kesempatan yang sama Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bogor Asep Sulaeman mengatakan, operasi tanggap bencana akan terus diperkuat. Dan dioptimalkan agar akibat dampak kemarau ini tidak meluas di Kabupaten Bogor.

Sebab kata Asep, informasi dari BMKG musim penghujan diprediksi akan terjadi pada Oktober 2023 mendatang. Artinya hingga September 2023 prediksi masih dalam kondisi kemarau.

“Operasi darurat ini terus kita perkuat, mulai dari deteksi dini, optimalisasi pendistribusian air bersih rutin tiap hari dilakukan. Dan pencegahan untuk  mengantisipasi meluasnya dampak bencana ,” jelas Asep.

Didistribusikan ke 89 Desa

Sementara itu 18 unit armada tangki air bersih terdiri dari 10 unit tangki dari Damkar, 4 unit dari BPBD, 3 unit dari PDAM, dan satu unit dari PMI akan diturunkan. Air bersih akan didistribusikan ke 89 desa dari 26 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Sedangkan untuk rencana pembangunan sumur bor akan dibangun di 17 kecamatan oleh PUPR Kabupaten Bogor. Rinciannya 13 sumur bor dibangun menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bogor dan 4 sumur bor dibangun menggunakan anggaran APBN.

Sebanyak 17 kecamatan yang akan dibangunkan sumur bor yakni Kecamata  Caringin Desa Pasir Muncang, Kecamatan Ciampea Desa Cibanteng, Kecamatan Cibungbulang Desa Leuwengkolot.

Kemudian Kecamatan Cibungbulang Desa Cibatok 1, Kecamatan Cileungsi Desa Pasir Angin, Kecamatan Ciomas Desa Pagelaran, Kecamatan Citeureup Desa Sukahati, Kecamatan Dramaga Desa Babakan, Kecamatan Gunung Putri Desa Cicadas.

Lalu Kecamatan Gunung Sindur Desa Gunung Sindur, Kecamatan Rancabungur Desa Bantarsari, Kecamatan Sukajaya Desa Jayaraharja, Kecamatan Bojonggede Desa Pabuaran. Serta Kecamatan Sukaraja Desa Nagrak. Selanjutnya Kecamatan Cibungbulang Desa Sukamaju, Kecamatan Ciomas Desa Kotabatu dan Kecamatan Cibinong Kelurahan Pabuaran.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here