Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPresiden Jokowi Resmikan Tol Bocimi, Jakarta-Sukabumi Jadi 2,5 Jam

Presiden Jokowi Resmikan Tol Bocimi, Jakarta-Sukabumi Jadi 2,5 Jam

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo () meresmikan di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 4 Agustus 2023.

Dalam peresmian , Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri.

Presiden mengatakan tol Jalan Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer tersebut sudah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan.

“Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan,” ujar Presiden dilansir dari laman resmi Setpres.

Ruas tol yang dibangun dengan anggaran Rp3,2 triliun diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi.

Sukabumi-Jakarta Jadi 2,5 Jam

Tak hanya itu jalan tol tersebut juga bisa mempermudah akses menuju sejumlah tempat wisata di sekitar Sukabumi, di antaranya Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Ujung Genteng, hingga Gunung Gede.

“Sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam. Kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam,” ujar Presiden.

Selain itu, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak diyakini dapat mempercepat mobilitas orang dan barang sehingga meningkatkan jumlah investasi di Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan hasil survei, kata , infrastuktur jalan tol di Jawa Barat menjadi alasan utama bagi para investor untuk berinvestasi di Jawa Barat.

menyebut Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here