Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorUIKA Bogor Lepas 972 Mahasiswa untuk KKN di Berbagai Wilayah

UIKA Bogor Lepas 972 Mahasiswa untuk KKN di Berbagai Wilayah

Bogordaily.net – Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melepaskan 972 mahasiswa untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023, di Masjid Raya Al-Hijri II Kampus , Senin 7 Agustus 2023.

Dalam kegiatan pelepasan mahasiswa peserta KKN tersebut dihadiri oleh peserta KKN Nasional beserta para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan para panitia penyelenggara.

Selanjutnya, mereka langsung dikirim menuju lokasi KKN masing-masing di berbagai wilayah di Indonesia bahkan Luar negeri.

Ketua panitia KKN 2023 Immas Nurhayati mengatakan, KKN di tahun ini dibagi ke dalam  dua wiliayah, diantarannya KKN Nasional dan KKN Internasional, adapun skema KKNnya diantaranya kita menyelenggarakan KKN Internal dan KKN Eksternal.

“KKN Internal diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) sementara KKN Eksternal merupakan KKN yang digelar pihak Eksternal serta konversi dari program MBKM DIKTI seperti program IISMA,” kata Immas Nurhayati

“Dimana yang mengikuti program tersebut kami nyatakan telah menempuh program KKN dengan cara memberikan konversi nilai sesuai SKS berlaku,” jelasnya.

972 Mahasiswa Siap Mengabdi

Immas menjelaskan bahwa, KKN UIKA tahun 2023, ini diikuti sebanyak 972 Mahasiswa terdiri dari KKN Nasional sebanyak 950 peserta yang terbagi ke dalam KKN Internal sebanyak 920 Mahasiswa.

Dan KKN External sebanyak 30 Mahasiswa terdiri dari KKN LLDIKTI IV sebanyak 10 Mahasiswa dan KKN MBKM sebanyak 20  Mahasiswa.

Baca juga : Biodata Oklin Fia yang Viral Jilat Es Krim, Akun IG, Umur, Pekerjaan

Sementara itu kata Immas, untuk KKN Internasional, telah menempatkan pesertanya di 2 negara yakni Malaysia dan Thailand.

“Untuk Thailand kami menempatkan 15 Orang mahasiswa di wilayah Songkhla Thailand selatan yang telah diberangkatkan pada tanggal 13 Mei kemarin dan 7 Orang mahasiswa yang dikirim pada kloter ke dua di Malaysia dan di tempatkan di Maahad Darul Azhar Wal Hikmah Terengganu,” ujar Immas.

Pesan Rektor

Selanjutnya, Rektor Endin Mujahidin dalam pelepasannya menitipkan 4 hal kepada para mahasiswa diantaranya Niatkan kegiatan KKN ini untuk membantu Masyarakat.

“Jika niatnya demikian maka seluruh aktivitas yang dijalankan akan bernilai pahala dan kebaikan,” kata Rektor Endin.

Kemudian kata Rektor, para Mahasiswa KKN harus selalu ingat bahwa ketika berada di tengah-tengah masyarakat para peserta tidak cuma hanya membawa nama diri sendiri, tetapi juga membawa nama institusi, maka jaga nama baik itu dengan sebaik-baiknya, tegasnya.

Baca juga : Tips Irit Bahan Bakar untuk Sepeda Motor

“Jangan pernah terlibat kepada empat perkara ini, diantaranya, pemakaian dan peredaran narkoba serta miras, melakukan tindakan kekerasan sexsual, bulying atau perundungan, dan melakukan aktivitas yang melanggar hukum lainnya serta aktivitas yang bertentangan dengan NKRI,” jelas Rektor.

Sementara itu, Rektor turut menekankan kepada Mahasiswa KKN bahwa ketika ada peserta yang terlibat ke dalam empat perkara tadi, jika terbukti bersalah, maka pihak kampus tidak segan-segan untuk mengeluarkan mahasiswa tersebut dari Kampus . (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here