Friday, 29 September 2023
HomeKabupaten BogorUjian Praktek SIM C di Polres Bogor Berubah Total! Apa yang Baru?

Ujian Praktek SIM C di Polres Bogor Berubah Total! Apa yang Baru?

Bogordaily.net Ujian Praktek di berubah seiring dengan kebijkan nasional setelah angka 8 dihapus.

Mulai hari ini, Senin (07/08/23), Satuan Penyelenggaran Administrasi SIM (SATPAS) Cibinong telah memulai menerapkan uji praktek SIM baru.

Langkah ini diambil sesuai arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan SIM.

Korlantas Polri telah mengeluarkan Keputusan Kakorlantas Polri Nomor: Kep/105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023 sebagai tindak lanjut dari arahan Kapolri tersebut.

Uji Praktek Berbentuk Huruf S dan Lebar Lintasan yang Diperbesar

Kasat Lantas , AKP Dicky Pranata, menjelaskan bahwa uji praktek SIM baru telah mengganti format angka delapan sebelumnya dengan ujian praktek berbentuk huruf S.

Selain itu, lebar lintasan uji praktek juga diperbesar dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Tahapan Ujian Praktek Baru di  

Pemohon akan memulai ujian praktek dari lintasan lurus.

Di lintasan tersebut, terdapat tulisan ‘REM' dengan kotak kuning yang akan menguji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman hingga berhenti, ditandai dengan tulisan ‘STOP'.

Setelah tes pengereman, tahap selanjutnya adalah melakukan putar arah, diikuti oleh ujian berbentuk huruf S, dan manuver tikungan lainnya.

Tahap terakhir adalah pengujian pengereman dengan dua arah tujuan berhenti, yaitu ke kiri dan kanan.

Ujian terakhir adalah menguji kepekaan pemotor untuk melakukan pengereman menghindar ke kiri atau ke kanan.

Sosialisasi Materi Ujian Praktek Baru

Dicky menekankan bahwa pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai perubahan materi ujian praktek SIM yang baru.

Hari ini, sudah ada 25 pemohon SIM yang mengikuti Uji Praktek SIM baru.

Dia mengimbau pemohon yang akan mengikuti ujian praktek SIM ini untuk memahami materi ujian terbaru agar bisa menyesuaikan diri dengan area yang disediakan.

Respon Positif dari Pemohon SIM

Sejumlah pemohon SIM, mengungkapkan bahwa Uji Praktek SIM yang baru lebih mudah dan lebih realistis dibandingkan dengan uji praktek sebelumnya.

Dia berterima kasih kepada Kapolri karena telah merubah uji praktek SIM menjadi lebih mudah dan lebih sesuai dengan kondisi nyata di jalan raya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here