Thursday, 28 September 2023
HomeTravellingWisata Budaya Museum Betawi: Koleksi hingga Jam Buka  

Wisata Budaya Museum Betawi: Koleksi hingga Jam Buka  

Bogordaily.net   Berikut informasi tentang termasuk koleksi hingga jam buka atau jam operasional.

bisa menjadi salah satu pilihan destinasi budaya. Seperti apa yang terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Sebuah video yang menunjukkan kondisi diunggah di Instagram @pinotjohnny. Dalam video tersebut tampak bangunan museum yang menyimpan banyak benda yang dulu dipakai oleh masyarakat Betawi.

“Melipir dulu yak, ke kota tetangge. Ga jauh koq, cuman 7 stasiun perhentian dari Stasiun Bogor. Bisa turun di Stasiun UI atau Univ Pancasila lalu naik ojek sekitar 4 kilometer. Ada di dalam Kampung Budaya Betawi, letaknya di tepi Situ Babakan Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan,” Johnny Pinot dalam unggahannya di Instagram @pinotjohnny, Minggu, 27 Agustus 2023.

Lihat Juga: Video Museum Betawi 

“Masuknya gratis, museumnya keren, 3 lantai dan berpendingin udara,” sambungnya.

Dalam unggahan tersebut terdapat berbagai benda zaman dulu yang digunakan masyarakat Betawi. Seperti lampu cadak, lampu templok, meja rias. Ada pula kamus bahasa Betawi hingga masakan-masakan khas suku yang sebagian besar menempati Ibu Kota DKI Jakarta tersebut.

Lokasi dan Jam Buka

berlokasi di Setu Babakan tepatnya di Jalan RM Kahfi II Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.   Setu Babakan mulai dibangun pada 2012 – 2015 dan mulai dibuka untuk umum pada 30 Juli 2017.

Lokasinya berada di kawasan Perkampungan Budaya Betawi menjadi destinasi andalan masyarakat untuk belajar mengenal lebih kebudayaan Betawi.

Terdapat beberapa spot yang dapat dinikmati wisatawan untuk berwisata budaya. Selain itu, kawasan ini menjadi lengkap dengan hadirnya Museum Betawi yang memiliki koleksi mengenai budaya Betawi.

Melansir laman Kampung Budaya Betawi jam buka Museum Betawi yakni beroperasi setiap Senin sampai Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Untuk tiket masuk Museum Betawi saat ini gratis.

Koleksi Museum Betawi

Terdapat 3 galeri di Museum Betawi. Ada Galeri Pengantin Betawi dan Galeri 8 Ikon Budaya Betawi di Lantai 1. Lalu galeri Rumah Orang Betawi di lantai 2 serta Galeri Pengantin Betawi di Lantai 3.

Galeri 8 Ikon Budaya Betawi

Galeri 8 Ikon Budaya Betawi berada di lantai 1 sisi selatan. Menampilkan 8 Ikon Budaya Betawi sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 11 Tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi. Koleksi yang ditampilkan terdiri dari Ondel-ondel, Kembang Kelapa, Gigi Balang, Sadariah, Kebaya Kerancang, Batik Betawi, Kerak Telor dan Bir Pletok.

Galeri Rumah Orang Betawi

Galeri ini menampilkan peralatan yang digunakan oleh masyarakat Betawi sehari-hari. Peralatan ini dapat ditemukan di bagian ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, kamar mandi, halaman hingga peralatan bertani yang menjadi mata pencaharian masyarakat Betawi.

Galeri Pengantin Betawi

Galeri Pengantin Betawi berada di lantai 1 sisi utara. Dalam Upacara Pernikahan Tradisional pakaian pengantin pria disebut Dandanan Care Haji. Nama ini diadaptasi dari pakaian Haji atau pakaian muslim. Sedangkan, pakaian pengantin perempuan disebut Dandanan Care None Pengantin Cine.

Selain itu ada pula beberapa bentuk seserahan seperti Sie, Perangkat Daun Sirih dan Roti Buaya. Pada ruangan ini juga terdapat salah satu koleksi yang paling menarik, yaitu golok raksasa yang bernama Golok Si Rajut. Golok ini berukuran kurang lebih 4,5 meter dan berat sekitar 200 kg.

Demikian info seputar Museum Betawi termasuk koleksi hingga jam buka atau jam operasional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here