Friday, 29 September 2023
HomeKabupaten Bogor80 Pasangan di Tenjolaya Ikuti Isbat Nikah dari Pemkab Bogor

80 Pasangan di Tenjolaya Ikuti Isbat Nikah dari Pemkab Bogor

Bogordaily.net – Program Isbat Nikah Terpadu kembali digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan kali ini di . Bersinergi dengan Pengadilan Agama Cibinong dan seluruh stakeholder lainnya, acara digelar di Kantor Kecamatan , Kabupaten Bogor, Jumat 1 September 2023.

Dalam isbat nikah kali ini sebanyak 80 pasangan suami istri (Pasutri) mengikuti kegiatan tersebut dan mendapatkan buku nikah. Serta administrasi kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Mewakili Plt. , Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui DP3AP2KB bersinergi dan berkolaborasi. Dengan segenap stakeholder terus berupaya meningkatkan kapasitas, memberdayakan serta memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak perempuan dan anak.

“Kegiatan isbat nikah ini diselenggarakan untuk meningkatkan persentase penduduk yang memiliki akte nikah sekaligus mendukung program ketahanan keluarga. Dan memberikan perlindungan hukum, jaminan hak dan keadilan bagi masyarakat, khususnya perempuan dan anak,” kata Burhanudin.

Ia menjelaskan, dalam nikah siri atau tidak tercatat di mata hukum, perempuan tidak dapat menuntut hak, seperti nafkah dan waris.

Di samping itu kata Burhan, anak dari pernikahan siri juga akan kesulitan untuk mengurus akta kelahiran dan dokumen penting lainnya terkait masa depannya.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama dan Ketua Pengadilan Agama Cibinong Kabupaten Bogor. Camat dan kepala desa serta semua pihak yang terlibat dalam itsbat nikah ini,” ujar Burhanudin.

Ia pun meminta sekaligus mendorong percepatan kepemilikan dokumen kependudukan guna mendukung program ketahanan keluarga dan program perlindungan hak perempuan dan anak di Kabupaten Bogor.

Sementara itu Sidang Itsbat Nikah Terpadu dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor dihadiri Wakil Kepala Pengadilan Agama Cibinong. Lalu ada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Serta Camat , dan jajaran . Seluruh pasangan suami istri yang mengikuti itsbat nikah hari ini berasal dari dua wilayah yaitu Kecamatan dan Ciampea. (Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here