Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalStandar Berkualitas bagi Produk Hilirisasi Pertanian, BSIP Kementan Launching Logo Baru

Standar Berkualitas bagi Produk Hilirisasi Pertanian, BSIP Kementan Launching Logo Baru

Bogordaily.net– Badan Standarisasi Instrumen Pertanian () Kementerian Pertanian (Kementan), meluncurkan logo baru. Selain juga pencanangan open house serentak di seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan Gebyar Agrostandar yang juga menandai satu tahun berdirinya sejak lahirnya Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2021.

Kepala Kementan, Fadjri Djufri mengatakan berdirinya sejak satu tahun lalu merupakan kebutuhan mendesak terhadap standarisasi pertanian Indonesia. Terutama dalam peningkatan daya saing produk lokal di pasar global.

lahir Karena kebutuhan organisasi dan kebutuhan pertanian Indonesia dalam meningkatkan standar agar ke depan pasar global menghendaki masuknya prodak kita. Kalau kita mau merajai pasar luar negeri yang paling pertama adalah standar,” kata Fadjri di Komplek Cimanggu, Bogor, Rabu, 20 September 2023.

Fadjri mengatakan selama berdiri berhasil meningkatkan standar beberapa komoditas pertanian Indonesia untuk kebutuhan pasar ekspor.

Penyerahan 3 SNI

Selain itu juga menerima penyerahan 3 SNI dari BSN dan menyelesaikan LSPro yang akan diserahkan ke Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“Dalam waktu dekat kita akan segera menyelesaikan LSPro perkebunan, tanaman pangan, peternakan, hortikultura dan LSPro utama kita yaitu LSPro personal sebagai ukuran kekuatan SDM yang kita miliki,” jelasnya.

Ia berharap bisa cepat beradaptasi dengan membantu masyarakat serta pelaku usaha dalam mempersiapkan produk lokalnya untuk kebutuhan pasar ekspor. Dia berharap, standar yang mereka miliki saat ini dapat segera ditingkatkan.

Logo BSIP Kementan
 

“Alhamdulillah kita sudah tingkatkan kualitas beberapa produk lokal kita termasuk mangga nusantara sebagai andalan komoditas Indonesa,” ujar Fadjiri.

Sementara itu Sekretaris BSIP, Haris Syahbuddin mengatakan kegiatan gebyar dan launching logo BSIP hari ini sedikitnya dihadiri 1000 peserta termasuk para UMKM dan masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan ini BSIP juga memberi santunan terhadap 100 anak yatim yang berasal dari Kota Bogor.

“Kami semua berharap dukungan positif masyarakat atas kehadiran BSIP untuk menjadikan pertanian maju mandiri dan modern serta mendorong hilirisasi dengan baik,” ungkap Haris Syahbuddin.

Sebagai informasi, Kegiatan Gebyar Agrostandar yang juga sekaligus sebagai peringatan 1 Tahun berdirinya BSIP ini berlangsung sejak tanggal 19 September 2023, dan akan mencapai puncak acaranya di tanggal 21 September 2023.

Pada puncak acara akan ada fun walk bersama Menteri Pertanian hingga pemecahan rekor MURI minum minuman herbal serentak di 33 Provinsi dengan peserta terbanyak.(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here