Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorIkuti Intruksi Kemenkes, Pemkot Bogor Galakkan Aksi Bergizi Nasional 

Ikuti Intruksi Kemenkes, Pemkot Bogor Galakkan Aksi Bergizi Nasional 

Bogordaily.net – Ikuti arahan Kementerian Kesehatan () Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggalakan untuk mencegah anemia.

Data menunjukkan bahwa di 28 persen dari total jumlah penduduk terjangkit penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia. Angka tersebut dianggap mengkhawatirkan.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan () menggagas satu kegiatan Aksi Bergizi. Program ini merupakan implementasi dari gerakan masyarakat sehat yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan literasi akan pentingnya asupan gizi yang baik.

Baca juga : Semifinal AGT 2023, Putri Ariani Dapat Standing Ovation dari 4 Juri

ini juga diselenggarakan di , yakni di Yayasan Tarbiyatusshibyan atau Yatashi di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan , Erna Nuraena menjelaskan, dari Aksi Bergizi Nasional ini diharapkan komitmen dari sekolah untuk konsisten menyelenggarakan aksi tersebut secara rutin.

“Bagaimana implementasi gerakan hidup sehat, sarapan bersama, minum tablet tambah darah ini menjadi satu kegiatan yang rutin dilaksanakan di sekolah,” papar Erna.

Dengan begitu, dampaknya ke depan akan menumbuhkan budaya hidup sehat pada anak – anak.

Baca juga : Profil Luluk Sofiatul Jannah, Seleb Tikok Probolinggo Istri Polisi yang Viral

Dalam aksi di Yatashi, kata Erna, dihadirkan 325 siswa dari pondok pesantren yang diharapkan bisa menjadi agen-agen kesehatan masyarakat.

“Mereka diharapkan dapat menginformasikan dari edukasi yang diterima kepada teman-temannya di sekolah. Sehingga nanti seluruh anak-anak di memiliki perilaku hidup sehat, makan yang baik dan bergizi serta bebas dari anemia,” urai Erna.

Menambahkan, Wakil Wali , Dedie A. Rachim mengatakan, program ini juga berkaitan erat dengan stunting. Bagaimana untuk menciptakan generasi emas, butuh anak-anak yang bebas dari stunting dan anemia.

“Kalian dikumpulkan di sini semua untuk mendapatkan tablet penambah darah dan makanan tambahan. Dengan program ini, anak – anak bisa tambah sehat dan tambah cerdas,” ungkap Dedie menambahkan.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here