Monday, 4 March 2024
HomeKota BogorPerkuat Potensi Mahasiswa, KPI UIKA Bogor Gelar Pembukaan PPL

Perkuat Potensi Mahasiswa, KPI UIKA Bogor Gelar Pembukaan PPL

Bogordaily.net– Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyelenggarakan pembukaan dan pembekalan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Aula Fakultas Agama Islam, Jum'at, 29 September 2023.

Dalam acara ini mengusung tema Komunikasi, Kolaborasi dan Harmoni: “Memperkuat Konsep Potensi dan Potensi Diri Mahasiswa KPI Melalui Dunia Komunikasi dan Penyiaran Islam Sesungguhnya”.

Turut dihadiri oleh H. M. Kholil Nawawi, Drs., M. Ag. (Dekan FAI UIKA), Dr. Asep Gunawan, M. Ag. (Kaprodi KPI),  Noor Isna Alfaein, S. Sos. I., M.Pd (Sekprodi KPI), Ir Hj Deasy Dasmita (Manager HRD Pojoksatu Grup).

Para dosen pengajar di program studi KPI yang sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan dan para mahasiswa peserta PPL Prodi KPI 2023.

Dalam pemaparanya, Dekan FAI, H. M. Kholil Nawawi, Drs., M. Ag mengatakan, kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari rangkaian perkuliahan di Fakultas Agama Islam .

“PPL merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Agama Islam setelah pembelajaran selama 6 semester,” kata Dekan FAI Kholil Nawawi, Drs M. Ag.

Tujuan PPL

Selanjutnya, Ir Hj Deasy Dasmita sebagai narasumber memberikan pemaparan materi berupa pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Menurutnya, untuk terjun ke bidang ini ada 5 hal yang harus dimiliki. Yakni tanggung jawab, disiplin, kreatif, responsif dan attitude. Dalam menjalankan kegiatan PPL ini, mahasiswa juga diharapkan memanfaatkannya sebaik-baiknya.

“Ini adalah waktu untuk mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Jadi manfaatkan waktu ini sebaik mungkin agar bisa mengukur passion diri dan gali semua informasi dan potensi yang ada” ujar Ir Hj Deasy Dasmita.

Di tempat yang sama, Dr. Asep Gunawan, M. Ag. selaku Ketua Program Studi KPI berharap, dengan adanya kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dan networking.

Dan juga dapat mengkomunikasikan, mengkolaborasikan dan mengharmonisasikan antara teori dan realitas yang ada di dunia komunikasi dan penyiaran Islam yang sesungguhnya.

“Sudah waktunya untuk menunjukan kualitas diri dan potensi diri mahasiswa KPI di dunia komunikasi dan penyiaran Islam yang sesungguhnya,” ungkap Dr. Asep Gunawan, M. Ag.

Sebagai informasi, kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan akan dimulai dari tanggal 2 Oktober 2023 yang diikuti oleh 47 mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang tersebar dalam 6 lembaga.

Di antaranya MUI (Majelis Ulama Indonesia), DDII (Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia), LSF (Lembaga Sensor Film), KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), Radar Bogor dan Kalam TV.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here