Sunday, 19 May 2024
HomeKabupaten BogorPuluhan Rumah di Pinggir Sungai Ciapus Ciomas Terancam Longsor

Puluhan Rumah di Pinggir Sungai Ciapus Ciomas Terancam Longsor

Bogordaily.net– Puluhan rumah yang berdiri di bantaran , Ciherang Kidul, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor terancam .

Lokasi pemukiman penduduk tepat berada di bibir yang berada di pinggiran RT 01, RW 02, Ciherang Kidul.

Aryadi Didu, tokoh masyarakat setempat mengatakan warga kerap khawatir terhadap bencana yang mengancam.

“Kondisinya benar benar rawan . Warga kami sudah tidak nyenyak tidur kalau musim hujan dan sering banjir dan luapannya sampai ke pinggiran rumah penduduk,” ujar Aryadi Didu, Jumat, 29 September 2023

Ia berharap, bahaya rawan di wilayahnya itu bisa disikapi serius oleh SKPD terkait terutama di lingkungan Pemerintah (Pemkab) Bogor.

Didu menjelaskan jarak antara rumah penduduk dengan sungai rata rata satu meter dan itu jelas sangat bahaya kalau terjadi .

“Kami berharap lokasi rawan yang ada di wilayah kami ini bisa dibronjong lebih awal sebelum dibuat Tembok Penahan Tanah ( TPT),” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT 01, Risdiawan mengatakan, sebenarnya persoalan TPT yang ada di wilayahnya sudah diajukan ke pihak desa dan pihak terkait yang ada di Pemkab Bogor. Selain itu, lokasinya juga sudah pernah disurvei oleh pihak desa dan pihak terkait dari Pemkab Bogor

“Kalau tidak salah panjangnya diperkirakan mencapai 250 meter lebih daerah rawan yang ada di RT 01 RW 02 Ciherang Kidul,” tegas Risdiawan.

Selain itu, menurut Risdiawan, ia juga sudah mengajukan masalah TPT ini saat Musrenbang tingkat Desa Laladon beberapa waktu lalu.

Ia berharap usulan soal pemukiman rawan longsor segera ditindaklanjuti dengan dibuat TPT dan menjadi prioritas oleh Pemkab Bogor.(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here