Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorTinjau Pasar Leuwiliang, Bupati Bogor Pastikan Pedagang Direlokasi ke Pasar Sementara 

Tinjau Pasar Leuwiliang, Bupati Bogor Pastikan Pedagang Direlokasi ke Pasar Sementara 

Bogordaily.net– Bupati Bogor, Iwan Setiawan meninjau langsung pasca kejadian , pada Jumat 29 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bogor didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Camat Leuwiliang, dan Direktur Perumda Pasar Tohaga.

Bupati Bogor Iwan Setiawan memastikan para pedagang akan direlokasi ke pasar sementara agar bisa kembali berjualan.

“Hari ini saya sengaja datang melihat langsung keadaan pasca untuk mengambil langkah-langkah strategis. Agar para pedagang mendapatkan jaminan dari pemerintah untuk bisa kembali berjualan. Solusi jangka pendeknya, para pedagang akan direlokasi agar bisa kembali berjualan,” kata Iwan Setiawan, Jumat, 29 September 2023.

Baca Juga: Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di Pasar Leuwiliang Bogor

Iwan menjelaskan, pihaknya akan memastikan tempat relokasi yang memang layak dijadikan pasar sementara.

Relokasi direncanakan dekat Terminal Leuwiliang, di sana ada lahan milik pemerintah, semoga bisa segera dipersiapkan.

“Akan kami pastikan lebih dahulu kelayakannya, sarana dan prasarana nya juga akan dibangun terlebih dahulu. Insya Allah akan segera dikerjakan dengan anggaran dari APBD perubahan,” jelasnya.

Ia meminta area disterilkan dahulu karena harus dilakukan pendinginan pasca kejadian . Jangan sampai ada aktivitas para pedagang, karena sangat berbahaya, baik dari polusi bekas , maupun bangunan bekas terbakar yang masih rawan.

“Intinya untuk menyelamatkan warga jangan sampai sudah terkena bencana , ditambah sakit karena terkena polusi bekas ,” ujar Iwan.

Ia mengungkapkan, hampir 90 persen bangunan utama terbakar, nanti ada tim asesmen yang menilai apakah gedung ini cukup direhabilitasi atau harus dibangun total.

“Jadi harus dilakukan dengan seksama agr nantinya tidak berbahaya untuk para pedagang dan masyarakat yang datang ke pasar,” ungkapnya.(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here