Monday, 29 April 2024
HomeNasionalEdukasi RS Murni Teguh Ciledug, Mengenal Diagnosa Gangguan Mental 

Edukasi RS Murni Teguh Ciledug, Mengenal Diagnosa Gangguan Mental 

Bogordaily.net mengedukasi diagnosa pada tidaklah mudah, harus ada perawatan yang efektif dapat membantu individu mengatasi kendala ini.

Jika ditotal pada tahun 2019, statistik menunjukkan bahwa 1 dari 8 individu atau 970 juta orang di seluruh dunia hidup dengan .

Angka ini mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2020, terutama sebagai dampak dari pandemi COVID-19, di mana , terutama depresi dan kecemasan, menjadi lebih umum.

Baca juga : Nonton Film Diambang Kematian, Cek di Sini

Di , ada tenaga ahli yang siap membantu dalam penanganan , yaitu dr. Leslie Melisa, M.Sc, Sp.KJ, seorang Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa.

Dr. Leslie Melisa menjelaskan, adalah masalah serius yang memengaruhi kualitas hidup seseorang.

“Di , kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam mendiagnosa dan mengobati ,” kata dr. Leslie Melisa, Rabu 11 Oktober 2023.

Salah satu tantangan utama dalam penanganan gangguan mental adalah akses ke pelayanan kesehatan jiwa yang terbatas.

Menurut data, sekitar 75 hingga 90 persen orang dengan gangguan mental tidak mendapatkan akses ke pelayanan kesehatan mental yang mereka butuhkan.

Pengobatan Awal

Dr. Leslie Melisa menegaskan, diagnosa dini dan pengobatan yang tepat dapat membantu individu mengatasi gangguan mental.

“Faskes tingkat 1, seperti puskesmas dan klinik, merupakan tempat pertama yang bisa dikunjungi individu yang mengalami masalah kesehatan mental,” ucapnya.

Gangguan mental yang ditemukan di faskes tingkat 1 dapat berupa gangguan cemas, mood (depresi dan bipolar), gangguan psikotik, masalah perkembangan, hingga demensia.

Dengan bantuan dari seorang dokter spesialis kedokteran jiwa, diagnosa yang tepat dapat ditegakkan dan perawatan yang sesuai bisa diberikan.

Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara faskes tingkat 1 dengan dokter spesialis kedokteran jiwa untuk membantu individu dengan masalah kesehatan mental.

Baca juga : Hamil Anak Pertama, Isyana Sarasvati Keguguran di Usia Kehamilan 8 Minggu

Penting untuk diingat bahwa gangguan mental adalah masalah kesehatan yang serius, dan individu yang mengalaminya tidak sendirian.

Dengan dukungan dari para profesional kesehatan jiwa, seperti dr. Leslie Melisa, dan dengan peningkatan kesadaran masyarakat tentang masalah ini, masyarakat dapat bersama-sama mengatasi tantangan gangguan mental.

Bagi mereka yang memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut tentang gangguan mental, dan dr. Leslie Melisa, MSc, SpKJ siap membantu dan memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang komprehensif.(Ibnu galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here