Wednesday, 8 May 2024
HomeKabupaten BogorHari Pangan Sedunia, DKP Kabupaten Bogor Gelar Uji Pangan Segar 

Hari Pangan Sedunia, DKP Kabupaten Bogor Gelar Uji Pangan Segar 

Bogordaily.net – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) mengelar uji pangan segar dalam kegiatan Hari Pangan Sedunia yang berlangsung di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Cibinong, 18 Oktober 2023.

Dalam uji pangan sehat tersebut, beberapa bahan pangan segar diuji seperti buah-buahan dan sayuran yakni mie instant, beras, jagung, anggur, mangga dan lain sebagainya.

Kepala UPT Pengujian Pangan Segar Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor, Rosi Yuliastini mengatakan, pihaknya berfokus melakukan uji pangan segar agar mengantisipasi bahan pangan yang mengandung berbagai zat berbahaya sebelum dikonsumsi.

Ia meminta kepada masyarakat jika hendak melakukan uji pangan cepat, bisa langsung mendatangi kantor Dinas Ketahanan Pangan.

“Jadi pangan segar itu pangan yang belum mengalami pengolahan, seperti yang bisa kita langsung konsumsi buah, sayuran dan jika ingin diuji cemaran kimia terutama pestisida bisa langaung datang ke UPT pengujian pangan segar Dinas Ketahanan Pangan,” kata Rosi Yuliastini kepada Bogordaily.net, 18 Oktober 2023.

Ia mengatakan, pengujian bahan pangan tidak membutuhkan waktu yang lama dan berbagai zat akan terdeteksi jika sudah melakukan uji pangan segar.

“Banyak yang kita uji juga kaya beras mengandung klorin dan itu bisa kita deteksi. Dalam uji cepat itu ngga terlalu lama sekitar 15 sampai 20 menit,” jelasnya.

Ia menambahkan, berbagai bahan pangan yang sudah melalui uji pangan cepat nantinya akan bisa langsung dikonsumsi. Sehingga dapat terhindar dari zat yang berbahaya agar masyarakat dapat mengkonsumsi makanan secara aman.

“Jika sudah positif kita dapat mengetahui kadar klorinya, dan akan terakreditasi. Ada juga bahan pangan segar yang sudah kita uji. Ini menu jukan bahwa binaan kita sudah ada dan masyarakat juga bisa melakukan uji cepat,” ujar Rosi Yuliastini.

Sementara itu dalam peringatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ini turut dimeriahkan oleh beberapa UMKM Binaan.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here