Thursday, 29 February 2024
HomeKabupaten BogorImplementasi Kurikulum Merdeka, SMK Taruna Terpadu 3 Gelar Pekan Kreativitas Budaya Nusantara

Implementasi Kurikulum Merdeka, SMK Taruna Terpadu 3 Gelar Pekan Kreativitas Budaya Nusantara

Bogordialy.netSMK Taruna Terpadu 3 BOASH (Borcess Asokal Hajar) menggelar “Pekan Kreativitas Budaya Nusantara” dengan tema “Jantung Budaya di Hati Kita”.

Acara berlangsung di lokasi sekolah, Jalan Salabenda, Kemang, Kabupaten Bogor, pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Implementasi Kurikulum Merdeka, SMK Taruna Terpadu 3 Gelar Pekan Kreativitas Budaya Nusantara
Taruna Terpadu 3 BOASH (Borcess Asokal Hajar) menggelar “Pekan Kreativitas Budaya Nusantarai, pada Sabtu, 7 Oktober 2023. (Ibnu/Bogordaily.net).

Kepala Sekolah Taruna Terpadu 3, Rokenly, S.Si.M.Pd, mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah upaya konkret sekolah dalam mengimplementasikan .

Kurikulum ini memberikan siswa ruang luas untuk berkreasi dan mengekspresikan kemampuan diri dalam seni, ilmu pengetahuan, dan budaya.

“Kami percaya bahwa melalui kreasi siswa di berbagai bidang seperti Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya, Agama Islam, dan Bahasa Jepang, mereka akan memperkuat kompetensi yang diperlukan untuk masa depan mereka,” kata Rokenly.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Siti Mulyanti, S.Kom, menyampaikan, pentingnya kemerdekaan siswa dalam proses belajar sebagai jantung pengembangan kurikulum.

Hal ini sesuai dengan tema acara, “Jantung Budaya Ada dalam Diriku”, yang menekankan pentingnya pengembangan budaya dalam pendidikan.

“Pekan Kreativitas adalah wadah untuk menuangkan hasil proses belajar siswa, menggabungkan berbagai mata pelajaran, dan mewujudkan konsep P5 (projek penguatan profil pelajar Pancasila) yang menjadi ciri khas dalam ,” ujar Siti Mulyanti.

Kesiswaan Taruna Terpadu 3, Merry Silviana, M.Pd menambahkan bahwa Pekan Kreativitas ini tidak hanya merupakan ajang pengembangan bakat siswa, tetapi juga menjadi cara untuk melestarikan kekayaan budaya Nusantara.

“Kami berharap bahwa acara ini akan menginspirasi sekolah lain untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan semangat kebangsaan dalam pendidikan mereka. Kita bersama-sama menjadikan ‘Jantung Budaya' ada di hati setiap peserta didik,” kata Merry Silviana.

“Semoga Pekan Kreativitas ini akan terus menjadi sumber inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam menggali potensi kreatif siswa dan memupuk rasa cinta terhadap budaya Indonesia yang beragam,” sambungnya.

Sebagai informasi pekan kreativitas budaya Nusantara menampilkan pertunjukan budaya dari berbagai daerah Indonesia, termasuk musik, tari, dan makanan tradisional.

Acara kolaboratif ini menjadi salah satu program tahunan yang akan membantu siswa-siswi Taruna Terpadu 3 BOASH untuk lebih mencintai dan menjaga warisan budaya Nusantara.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here