Monday, 4 December 2023
HomePolitikResmi! Prabowo Pilih Gibran Sebagai Cawapres

Resmi! Prabowo Pilih Gibran Sebagai Cawapres

Bogordaily.netKetua Umum Gerindra sekaligus bakal calon presiden (Capres) akhirnya memilih untuk menjadi bakal calon wakil presiden (Cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju dalam  perhelatan Pemilihan (Pilpres ) Presiden 2024.

Dengan suara tegas, mengumumkan Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya dalam pilpres 2024.

Keputusan Final Gibran Cawapres Prabowo 

Dalam sebuah pernyataan resmi di kediamannya di Jakarta Selatan pada hari Minggu, 22 Oktober 2023, dengan lugas mengumumkan pilihan cawapresnya.

“Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju,” ungkap Prabowo.

Prabowo menegaskan bahwa tidak ada lagi yang perlu ditanyakan mengenai keputusan tersebut.

Keputusan ini disepakati sebagai hasil konsensus dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Tidak perlu ada yang ditanyakan lagi ini keputusan, afirmasi bulat dan konsensus, dan kita siap maju untuk Indonesia Maju,” tambahnya.

Rapat Finalisasi Ketum Parpol KIM

Sebelum pengumuman ini, para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah berkumpul di rumah bakal capres .

Mereka menggelar rapat finalisasi terkait cawapres dalam waktu dua hari terakhir.

Perjalanan Gibran Menuju Cawapres

Raka telah aktif menjalin komunikasi dengan para ketua umum partai politik yang mendukung Prabowo.

Sebelumnya, Gibran bertemu dengan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), dan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di kediaman mereka masing-masing.

Selain itu, Gibran juga mengunjungi Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, dalam acara Rapimnas Golkar.

Dialog dengan Jokowi

Sebelum mengumumkan cawapresnya, Prabowo Subianto mengaku telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dinamika politik dalam koalisinya.

Prabowo menghormati adat budaya dalam menjalankan proses politik dan menghormati keputusan Golkar, salah satu partai koalisi pendukungnya, yang memilih Gibran sebagai bakal cawapres.

Prabowo menyampaikan, “Ya tentunya sebagai orang Indonesia dengan adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita.”

Dengan pengumuman ini, Koalisi Indonesia Maju telah merampungkan susunan tim calon presiden dan wakil presiden yang akan berkompetisi pada Pemilihan Presiden 2024.

Raka, anak sulung dari Presiden Joko Widodo, siap berperan sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam upaya meraih mandat pemimpin bangsa dalam tahun-tahun mendatang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here