Sunday, 14 July 2024
HomeOpiniRizal Ramli, John F Kennedy dan Melambungnya Harga Kebutuhan Pokok

Rizal Ramli, John F Kennedy dan Melambungnya Harga Kebutuhan Pokok

Only in winter can you tell which trees are truly green. Only when the winds of adversity blow can you tell whether an individual or a country has steadfastness.” – John F. Kennedy. Perkataan ini disampaikan John F Kennedy disaat Amerika menghadapi masa ekonomi yang sangat sulit.

Terjemahan dari tulisan tersebut adalah “Hanya di musim dingin Anda dapat membedakan pohon mana yang benar-benar hijau. Hanya ketika angin kesulitan bertiup barulah Anda dapat mengetahui apakah seseorang atau suatu negara memiliki ketabahan.”

Dr. pernah menduduki jabatan menteri, serta posisi jabatan penting lainnya diawal masa reformasi (era tahun 98) saat Indonesia tengah menghadapi krisis multi dimensi, sampai dengan masa era pemerintah Jokowi (periode 1).

Dirinya ditunjuk untuk memegang jabatan penting di masa pemerintahan Gus Dur, Megawati, dan Jokowi.

Dari berbagai sumber terpercaya, Bang RR (panggilan akrab ) dimasa pemerintah Orde Baru ia merupakan oposisi yang kritis, sehingga menyebabkan dirinya ditangkap dan dipenjara sebagai tahanan politik oleh Presiden Soeharto di LP Sukamiskin Bandung (tempat ditahannya Bung Karno oleh pemerintah kolonial Belanda).

Namun demikian, ketidaksukaan Pak Harto terhadap sikap politiknya , Pak Harto sebagai presiden saat itu mau bersikap objektif dan mau mendengar dan menerapkan berbagai pandangan sebagai ekonom lewat ECONIT organisasi yang ia dirikan bersama ekonom lainnya

Salah satu jabatan yang pernah dipegang Bang RR adalah menjadi penasehat TNI, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Menteri ekonomi, Menteri Investasi dan Maritim, dll.

Betapa saat itu yang ditunjuk sebagai penasehat TNI mampu melewati ancaman dis-integrasi bangsa akibat krisi politik

Dari berbagai posisi tersebut, Bang RR tentu memiliki banyak pengalaman atas tantangan yang dihadapi, serta berbagai catatan penting dari berbagai upaya penanganan masalah serta keberhasilannya menghadapi situasi krisis saat itu.

Kita ketahui dan rasakan bersama bagaimana situasi dan keadaan masa peralihan kekuasaa Presiden Soeharto ke Presiden Habibie saat itu yang penuh berbagai persoalan ekonomi, sosial politik. ditahun 1998.

Keadaan tersebut bukanlan hal yang mudah diselesaikan, apalagi jabatan penting yang diterima bukanlah lahan untuk mendatangkan keuntungan bagi darinya.

Sikapnya yang jujur, sederhana, kritis, dan peduli kepada sesama, merupakan salah satu modal utamanya dalam menuntaskan tugas negara.

Tak heran jika kemudian mampu dirimya mapu melewati berbagai keadaan ditengah Krisis ekonomi, politik dan ancaman dis-intergrasi bangsa dengan tabah, cerdas, tenang, dan profesional.

Terkait Perkataan John F Kennedy (JFK) diatas, yang dikutip Dr. dalam akun twitter pribadinya (7/10/2023) adalah gambaran keadaan Amerika saat itu ketika bagaimana pikiran dan tindakan pemimpin Amerika saat itu JFK menghadapi berbagai persoalan dalam negerinya.

Dalam sejarah Amerika JFK tercatat sebagai pemimpin yang berhasil ketika atasi keadaan krisis, serta upayanya menghentikan perang dunia.

JFK merupakan pemimpin yang dicintai dan mencitai rakyatnya, serga memiliki ketabahan dan kepekaan atas penderitaan rakyatnya, disamping kemampuannya menyelesaikan persoalan tanpa melukai dan ketersinggungan terhadap perasaan rakyatnya.

Barangkali perkataan JFK tersebut telah menjadi salah satu inspirasinya bagi dalam upayanya menjalankan amanah negara dan menuntaskan berbagai tantangan persoalan yang dihadapi.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya sebagai manusia biasa, Bang RR berupaya keras dapat menunaikan tugasnya dengan baik.

Jiwanya sebagai mantan aktivis pergerakan Mahasiswa ITB era tahun 78 serta kecerdasan, kejujuran, disiplin, serta kepekaan dan kecermatannya dalam mengindentifikasi serta memecahkan persoalan, adalah kunci kesuksesannya.

Bisa jadi keberhasilannya itu karena Bang RR merupakan alumus fakultas Fisika ITB 1978. Dimana dalam disiplin ilmu Fisika dibutuhkan kecermatan, kecerdasan dan kepastian logika dalam mengambil keputusan.

Terkait kiprahnya, kita dapat melihat rekam jejak digitalnya, bagaimana saat itu Bang RR tercatat sebagai pejabat negara yang berhasil menuntaskan tugasnya.

Khususnya menangani persoalan kebutuhan pokok rakyat. Sebagai Kepala BADAN URUSAN NEGARA (BULOG) dan posisi jabatan penting lainnya, khususnya dibidang keuangan dan ekonomi, Dr. bersama tim-nya telah terbukti mampu menekan laju pertumbuhan ekonomi kearah yang positif, stabilitas nilai tukar rupiah yang anjlok dibawah dolar, mewujudkan ketersediaan pangan rakyat, stabilitas pertanian, UMKM melalui berbagai program kerja yang melibatkan berbagai unsur masyarakat.

Selain dari catatan jejak digital, Bang RR merupakan sosok pejabat yang bersih dari praktek KKN.

Ini merupakan hal yang sangat prinsip dan penting dalam menangani berbagai persoalan keuangan, ekonomi dan kebutuhan pangan. Keunggulan perilaku Bang RR sangat menunjang pekerjaannya sebagai pejabat publik dalam mengambil keputusan ditengah derasnya persoalan.

Salah satu contoh keberhasilannya, adalag bagaimana ketika Dr. menekan praktek korupsi di lingkungan Bulog, disamping perlunya terwujud jaminan terdistribusinya serta ketersediaan kebutuhan pokok rakyat. Bulog yang kala itu menjadi sorotan publik atas sejumlah kasus korupsi dan penyelewengan bantuan bahan makanan pokok bagi rakyat, membuat Rizal Ramli harus bekerja extra keras dengan penuh kehati-hatian dengan berbagai cara strategi yang digunakannnya.

Melihat keadaan situasi dan kondisi saat ini terjadi kelangkaan dan kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok, khususnya beras. Disisi lain terjadi penurunan stabilitas politik serta ketidakpercayaan publik terhadap pemerintah. Akibat berbagai persoalan diberbagai sendi kehidupan yang berdampak langsung kepada rakyat.

Pemerintah jangan lagi dan tak perlu menutupi keadaan, bahwa secara nyata keadaan bangsa dan negara sedang dalam tidak baik baik saja.

Kepemimpinan Jokowi dipertaruhkan oleh keadaan saat ini, dirinya dan jajarannya dituntut oleh keadaan, sejauh mana dirinya mampu dengan cepat mengatasi persoalan dengan baik, tanpa lagi harus mencari kambing hitam apalagi mengalihkan perhatian persoalan.

Jokowi diakhir masa jabatannya harus mampu membuktikan apa yang dituangkan dalam konstitusi NKRI, bahwa presiden wajib melindungi dan mensejahterakan rakyatnya. Kiranya hal dasar inilah yang harus menjadi prioritas menutaskan keadaan.

Situasi ini perlu banyak upaya serta dengan keherandahan hati mau berkaca pada sejarah pemerintah masa lalu, serta mengambil hikmah dari perkataan JFK seperti yang dikutip Dr. Rizal Ramli pada akun twitter pribadinya.

Sebagai bangsa yang besar, beradab dan tumbuh lewat kancah penderitaan tentu seluruh rakyat Indonesia akan menyambut niat baik yang serius dalam mengupayakan mengatasi persoalan. Rakyat Indonesia memiliki yang jujur pengertian, sekalipun dirinya ditindas mereka tetap masih mau memberi kesempatan kepada pemerintah untuk mau memperbaiki keadaan demi kesejahteraan rakyat bukan sekelompok oligarki.

Untuk kebaikan itu semua hendaknya elemen negara khususnya pejabat penting pemerintah Jokowi, jangan lmengeluarkan perkataan dan tindakan yang cenderung melukai dan menyinggung perasaan Rakyat, ditengah kelangkaan dan melambungnya harga bahan makanan pokok khususnya beras.***

Ditulis oleh: Oleh: Agusto Sulistio, Pegiat Medsos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here