Monday, 6 May 2024
HomeKota BogorSMA Bosowa Bina Insani Sukses Gelar Campus Expo 2023

SMA Bosowa Bina Insani Sukses Gelar Campus Expo 2023

Bogordaily.net menggelar acara . Kegiatan tersebut diadakan di , Bogor, Senin, 23 Oktober 2023.

Campus Expo tersebut menampilkan puluhan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Kepala Cucup Shohibul Maqomat mengatakan, Campus Expo itu merupakan kelanjutan dari psikotest yang diikuti oleh para siswa kelas 10 dan 12 .

“Pada hari ini, Senin, 23 Oktober 2023, panitia penyelenggara, yakni LP2K (Layanan Psikologi, Penjurusan, & Karir) memaparkan hasil psikotes tersebut kepada siswa dan orang tua siswa,” kata Cucup Shohibul Maqomat, Senin, 23 Oktober 2023.

Selain, itu LP2K menawarkan kepada untuk menyelenggarakan Campus Expo yang menampilkan kampus-kampus PTN maupun PTS yang bekerja sama dengan LP2K.

“Tawaran tersebut kami terima. Campus Expo itu kami gelar untuk membuka wawasan para siswa kelas 12 untuk memilih kampus dan jurusan yang cocok sesuai dengan bakat dan minat mereka,” ujarnya.

Baca juga : Sosok Suami Afifah Riyad yang Jadi Sorotan

Pentingnya Campus Expo

Menurut Pak Cuy, panggilan akrabnya, psikotest sangat penting bagi siswa kelas 12, karena masih banyak siswa kelas 12 yang bingung untuk memilih kampus dan jurusan yang tepat bagi mereka.

“Hasil psikotes membantu siswa maupun orang tua siswa dalam memilih kampus mana dan jurusan apa yang tepat untuk siswa,” tuturnya.

Sementara itu Campus Expo juga sangat bermanfaat bagi siswa.

“Campus Expo membuka wawasan siswa bahwa kampus itu banyak. Tidak hanya harus negeri (PTN). Swasta (PTS) juga banyak. Walaupun memang pasti harapan orang tua dan siswa pasti ke negeri (PTN). Tapi minimal kita membuka wawasan, kalau ke negeri gagal, ada alternatif lain, yakni kampus PTS yang sesuai dengan minat dan bakat mereka,” papar Cuy.

Ketua Panitia Psikotes , Riani Puji Utami menambahkan, Campus Expo merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya, yakni psikotest yang diadakan tanggal 14 Sept 2023 untuk siswa kelas 10 dan 12.

Hasil psikotest tersebut diumumkan hari ini langsung oleh LP2K dengan cara mengundang siswa dan orang tua.

“Orang tua sengaja diundang untuk menjelaskan hasil psikotest agar mereka bisa paham cara membaca hasil psikotrest tersebut,” tuturnya.

Setelah mendengarkan penjelasan hasil psikotest, para siswa dan orang tua dipersilakan mendatangi booth berbgai kampus PTN dan PTS di Campus Expo.

“Dari hasil psikotest dan mengunjungi booth-booth , para siswa diharapkan bisa mendapatkan gambaran yang lebih konkret terkait kampus dan jurusan apa yang akan mereka pilih untuk memasuki dunia perkuliahan,” tuturnya.

Diikuti Puluhan PTN dan PTS

Campus Expo itu diikuti oleh puluhan PTN dan PTS terkemuka di Indonesia. Juga diikuti kampus dari luar negeri, seperti Malaysia dan Jerman.

“Tanggapan siswa dan orang tua, mereka mengaku senang dengan adanya psikotest dan Campus Expo tersebut,” kata Riani.

Seperti diungkapkan oleh Ibu Rizka, orang tua dari salah satu siswa kelas 12 . Menurutnya, psikotest dan Campus Expo itu sangat bermanfaat.

Baca juga : Setelah 6 Tahun, Jeon So Min Tinggalkan Running Man

“Psikotest ini sangat bermanfaat bagi para orang tua. Yakni sebagai masukan bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan masukan kepada anak, terkait gambaran untuk jurusan kuliah yang nanti akan diambil seesuai dengan hasil psikotest,” kata Ibu Rizka.

Ia menambahkan, Campus Expo juga sangat bermanfaat. Booth puluhan kampus PTN dan PTS berkumpul di satu tempat dan pada satu waktu.

“Dengan adanya Campus Expo kita jadi tahu berbagai program yang ada di kampus PTN maupun PTS. Misalnya, kapan penerimaan mahasiswa baru dibuka? Apakah ada program beasiswa, dan sebagainya,” tuturnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here