Saturday, 27 July 2024
HomeEkonomiBRI Luncurkan Inovasi Digital BRIFrens Kustodian Berbasis Web

BRI Luncurkan Inovasi Digital BRIFrens Kustodian Berbasis Web

Bogordaily.net meluncurkan inovasi digital BRIFrens Kustodian berbasis web. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya agar nasabah semakin nyaman dalam bertransaksi.

Kustodian di masa depan adalah layanan yang beralih menuju revolusi digital yang mana nasabah dengan mudah berinteraksi dengan bank kustodian secara efektif dan mematuhi regulasi.

Selaras dengan hal tersebut, Kustodian melakukan inovasi digital untuk memudahkan nasabah kustodian dengan portal layanan BRIFrens.

Kustodian Front End System (BRIFrens) adalah portal layanan berbasis web yang dapat diakses secara langsung oleh nasabah Kustodian agar dapat bertransaksi secara nyaman dan aman. Hal ini merupakan wujud komitmen dalam menjalankan transformasi digital melalui digitalisasi layanan perbankan di Indonesia.

SEVP Treasury & Global Services Achmad Royadi mengatakan selalu meningkatkan layanan perbankannya. Khususnya terkait proses digitalisasi bisnis untuk layanan jasa kustodian.

“Kami berharap pemegang surat berharga dapat lebih cepat dan mudah dalam mengakses layanan jasa Kustodian melalui BRIFrens. Saat awal pendaftaran nasabah dapat mengatur sendiri kewenangan untuk user maker, checker , dan signer serta dikelola sendiri oleh pihak nasabah,” ujar Achmad Royadi.

Selain itu pengiriman instruksi transaksi juga tidak perlu mengirim surat fisik, pembuat cukup melakukan upload data di BRIFrens, checker melakukan verifikasi, dan persetujuan oleh penandatangan .

Untuk sisi keamanan, BRIFrens dilengkapi dengan otentikasi dua faktor menggunakan OTP kepada email signer , dan apabila diperlukan laporan-laporan portofolio, hanya perlu download dari BRIFrens saja.

SEVP Treasury & Global Services Achmad Royadi. (Foto: Dok. )

Kemudahan BRIFrens

BRIFrens menawarkan beragam kemudahan. Di antaranya situs web yang ramah pengguna , kepraktisan pengiriman proses transaksi melalui mekanisme upload . Lalu kemudahan mengakses penyelidikan transaksi, dan mengunduh laporan-laporan terkait portofolio yang dibutuhkan para nasabah pemegang surat berharga.

Seperti laporan Portofolio Valuation , Portofolio Transaction , Accrual Interest , Invoice, fitur monitoring portofolio dan semua aktivitas terkait Corporate Action .

Layanan BRIFrens dapat dengan mudah diakses melalui website https://brifrens.bri.co.id . BRIFrens akan terintegrasi ke dalam aplikasi layanan nasabah korporasi terpadu bernama Qlola yang memudahkan nasabah-nasabah korporasi dalam mengakses berbagai produk dan layanan hanya dengan satu kali login ( Single Sign On ).

Sementara itu hingga Agustus 2023, aset kelolaan Bank Kustodian BRI telah menembus Rp1.000 triliun. Peningkatan aset kelolaan ini didukung dengan penambahan jumlah kerjasama baru dan pertumbuhan aset kelolaan dari nasabah eksisting.

Angka ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan posisi aset kelolaan Bank Kustodian BRI pada Desember 2022 yaitu Rp555 triliun. Hal tersebut menunjukkan pasar modal Indonesia masih menunjukkan resiliensi yang tinggi dan tumbuh positif di tengah peningkatan perekonomian di tingkat global.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here