Thursday, 22 February 2024
HomeKabupaten BogorDukung Gerakan Penanggulangan Polusi Udara, SBI Tanam Pohon di Kabupaten Bogor

Dukung Gerakan Penanggulangan Polusi Udara, SBI Tanam Pohon di Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Sebagai bentuk kontribusi perusahaan dalam menjaga dan mendukung Gerakan Penanggulangan Polusi Udara, Tanam Pohon di Kabupaten Bogor.

Pabrik Narogong, yang merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, melakukan penanaman pohon di ruang terbuka hijau yang berada di Jalan Tegar Beriman, Cibinong, 29 November 2023.

Acara penanaman ini turut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Tulus Laksono, SH, Direktur Pengendalian Kerusakan Lahan KLHK, Ir. Edy Nugroho Santoso dan Sekda Kabupaten Bogor, Drs.H.Burhanudin, M.Si., serta disaksikan (secara daring) oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang turut melakukan penanaman pohon secara terpisah di ruang terbuka hijau di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Tingginya mobilisasi dari aktivitas masyarakat dan industri di wilayah Jabodetabek, turut berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian di Indonesia.

Namun hal ini juga berdampak pada peningkatan polusi udara di wilayah tersebut. Penanaman pohon menjadi salah satu langkah untuk membantu menyerap karbon dan melepaskan oksigen untuk perbaikan kualitas udara.

Corporate Communications Manager SBI, Novi Maryanti menyampaikan bahwa selain mendukung inisiatif para pemangku kepentingan, SBI juga berkomitmen mendorong upaya-upaya keberlanjutan guna mencapai target SDGs 2030.

“Dengan mengintegrasikan penanaman pohon ke dalam strategi pembangunan berkelanjutan, kita membantu menciptakan dunia yang seimbang bagi generasi mendatang. Inisiatif penanaman pohon tidak hanya berkontribusi pada lingkungan, tetapi juga memperkuat fondasi menuju masyarakat yang berkelanjutan”, tutur Novi.

 

Senada, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Tulus Laksono, SH, juga mengapresiasi atas dukungan SBI dalam membantu Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menjaga keasrian lingkungan.

“Kegiatan ini memiliki peran penting dalam mendukung berbagai aspek pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, ketika masyarakat terlibat dalam penanaman dan pemeliharaan pohon, hal ini tidak hanya meningkatkan kesadaran lingkungan tetapi juga memberdayakan mereka secara ekonomi. Kami sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi aktif dalam pengelolaan lingkungan di areanya,” kata Tulus.

Selama kurun waktu antara tahun 2020-2023, SBI Pabrik Narogong telah melakukan tanam pohon sebanyak 14.800 pohon bersama mitra binaannya yaitu Koperasi Swadaya PriBUMI dengan program Serbu Pacu (Sedekah Seribu Pohon Untuk Anak Cucu).

Program ini juga melibatkan peran serta dari Bank Sampah, tim Desa Tangguh Bencana (DESTANA) serta Kampung Ramah Lingkungan di desa-desa sekitar area operasional sebagai bagian dari gerakan yang mengajak masyarakat bukan hanya memikirkan kondisi lingkungan tapi juga untuk anak cucu di masa depan.

Selain itu, SBI juga terus mengoptimalkan beragam inisiatif seperti pemanfaatan bahan baku dan bahan bakar alternatif, penurunan emisi, efisiensi energi, serta penurunan beban pencemaran air sebagai bagian dari komitmen Perusahaan dalam membawa perubahan positif yang berkelanjutan bagi bumi.

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari grup PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG.

Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here