Wednesday, 24 July 2024
HomeKabupaten BogorJambore Wisata Kabupaten Bogor Diharapkan Jadi Hari Desa Wisata Nasional 

Jambore Wisata Kabupaten Bogor Diharapkan Jadi Hari Desa Wisata Nasional 

Bogordaily.net – Jambore Wisata Desa tingkat yang diselenggarakan secara sinergi antara para pengelola Desa Wisata dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor diharapkan dapat menjadi agenda tahunan bahkan ditetapkan sebagai Hari Desa Wisata Nasional.

Diketahui, rencananya pada hari ini akan dicanangkan terkait ditetapkan sebagai Hari Desa Wisata Nasional oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, namun tidak hadirnya dalam kegiatan Jambore Wisata Desa 2023 menjadi tertunda dan berharap kedepanya dapat segera dicanangkan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Desa Wisata Tugu Utara Kecamatan , Renal Hamzah di kegiatan Jambore Wisata Desa 2023 tingkat , Rabu 8 November 2023.

Ketua Desa Wisata Tugu Utara Kecamatan , Renal Hamzah mengungkapkan, jadi momentum sharing session antara sesama pengelola desa wisata, baik juga pengelola desa wisata yang tersebar di berbagai daerah nusantara.

“Selain sharing session kita juga ada seni budaya, pameran UMKM sebagai sarana promosi dan penjualan,” kata Renal kepada Wartawan, Rabu 8 November 2023.

Baca juga : Langgar Kode Etik Berat, Paman Gibran Anwar Usman Dipecat MKMK

Dukungan Pemkab Bogor

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bogor Iwan Setiawan dan jajaran Pemkab Bogor yang telah mendukung penuh dan memfasilitasi suksesi kegiatan Jambore ini.

“Kami juga bangga Desa Tugu Utara bisa menjadi tuan rumah, semoga kami bisa menjadi palopor bisa terselenggaranya Hari Desa Wisata tingkat nasional kedepannya,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor. Deni Humaedi. (Albin/Bogordaily.net)

Selanjutnya, Ketua Umum Desa Wisata Kabupaten Bogor, Deni Amar menyatakan, merupakan tahun ke-8 meskipun kegiatannya tingkat Kabupaten Bogor juga menghadirkan rekan-rekan pengelola desa wisata dari tingkat nasional.

“Marwah adalah sarana sharing session, pameran UMKM desa wisata wadah saling tukar informasi antar desa wisata baik yang di Kabupaten Bogor maupun nasional sehingga komunikasi dan silaturahmi tetap terjalin.

“Goals kegiatan jambore kali ini kita sepakat dengan teman-teman di desa wisata lokal  maupun nasional kita akan membuat sebuah usulan, kita ingin kegiatan ini jadi Hari Desa Wisata Nasional ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Deni Amar.

Baca juga : Grok Ai Milik Elon Musk yang Super Canggih dan Humori

Ia mengaku bangga dan apresiasi atas terselenggaranya dan menjadi visioner kemajuan desa wisata di Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Deni Humaedi mengungkapkan, pihaknya telah menginisiasi tekait tanggal hari desa wisata yang akan dicanangkan, namun masih perlu persetujuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kita ingin dorong bahwa ada usulan dan rekomendasi terkait tanggal, sehingga desa wisata itu mempunyai juga hari sesa wisata nasional. Dan semoga dari kegiatan ini mendorong juga desa wisata se-Indonesia bikin kongres,” ucap Deni Humaedi.

“Makanya kita ingin inisiasi terkait usulan adanya hari desa wisata semoga daerah lain mendukung dan itu perlu persetujuan dari Kementerian. Dan kita ingin walau waktunya belum ditentukan namun dapat tercetus melalui Jambore,” ungkapnya.*

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here