Saturday, 18 May 2024
HomePolitikJaga Kondusifitas, KPU dan Bawaslu Kota Bogor Apresiasi TNI Polri

Jaga Kondusifitas, KPU dan Bawaslu Kota Bogor Apresiasi TNI Polri

Bogordaily.net –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor dan Bawaslu Kota Bogor mengapresiasi TNI Polri terutama dalam menjaga kondusifitas.

Kehadiran TNI Polri di wilayah Kota Bogor dalam menjaga persatuan dan kesatuan, terutama jelang serta netralitas yang diperlihatkan setiap hajat demokrasi dan tahun politik mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

KPU serta Bawaslu sebagai penyelenggara pemilihan umum sangat mendukung tupoksi yang diemban oleh TNI Polri dalam mengamankan perhelatan hajat demokrasi setiap 5 tahun sekali tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi atas kinerja TNI-Polri di setiap momentum pengamanan Pemilu khususnya. Terlebih, ini sesuai dengan undang-undang 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum bahwa TNI- Polri dicabut hak memilihnya, jadi mereka tidak punya hak untuk memilih,” ujar Ketua Samsudin pada Jumat 10 November 2023.

Kawal Tahapan Pemilu

Menurut Samsudin, kehadiran TNI Polri mengawal pemilu sangat strategis dan penting.

“Selama mengawal proses tahapan pemilu serta menjaga kondusifitas, kamtibmas dan pemilu yang damai, jadi netralitas TNI Polri gak perlu diragukan lagi,” sambungnya.

Samsudin menambahkan, berbagai kegiatan positif sudah dilaksanakan oleh institusi Polri dalam hal ini dan perlu mendapatkan acungan jempol.

Kegiatannya sangat positif, luar biasa, inovatif dan bisa dijadikan contoh di Polres Kota dan Kabupaten lainnya.

“Kegiatan tersebut menjadi momentum yang sangat baik untuk menyakinkan ke masyarakat bahwa TNI Polri hadir memastikan keamanan ketertiban menjelang pemilu. Banyak memberikan informasi kepada masyarakat bahwa 14 Februari 2024 itu akan ada pemilu sehingga harus datang dan mencoblos di TPS masing-masing,” bebernya.

KPU Kota Bogor
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso bersama Dandim 0606 Kota Bogor, Kolonel Inf Fikri Ferdian saat mengecek gudang KPU. (Ibnu/bogordaily.net)

Sementara Ketua Bawaslu Kota Bogor Herdiyatna mengatakan setiap individu pemilihannya berbeda dan termasuk menjaga situasi damai di Kota Bogor.

Kalau melihat histori Kota Bogor dari pemilu ke pemilu kata Herdiyatna semuanya aman kondusif.

“Menurut indeks kerawanan pemilu target, yang awalnya 21 persen. Mudahan mudahan di tahun sekarang turun hingga menjadi 5 persen. Artinya jika sampai angka segitu, Kota Bogor bisa dikatakan kondusif. Kami sampaikan berterima kasih kepada TNI-Polri yang sudah menjaga dan mengawal tahapan ,” harapnya.

Jaga Keamanan Bersama

Tokoh aktivis sosial Kota Bogor, Yandi turut memberikan pernyataan, berbagai program sudah dilakukan oleh .

Mulai dari adanya program Jumat Curhat, Ngopi Bareng hingga lapor Kapolresta itu semua sangat keren.

“Program ini sebagai langkah yang masif, jadi bukan sifatnya sekedar menunggu warga untuk minta pelayanan tapi sekarang berbeda. Secara aktif polisi sekarang turun ke warga, tentu ini patut di apresiasi dan sangat keren,” katanya.

Selain itu, ia berharap kepada TNI Polri dan juga penyelenggara pemilu, beban yang diemban sangat berat tentunya, bagaimana menjaga kondusifitas dan keamanan hingga pemilu bisa berjalan damai.

“Peran dan kehadiran TNI Polri sangat besar untuk menunjang di setiap perhelatan hajat demokrasi setiap 5 tahun sekali ini. Terlebih di Kota Bogor, penerapan keamanan untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat dalam mengawal pemilu hingga sukses tanpa ekses sudah terwujud di Kota Bogor,” tandasnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here