Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorKronologis Kebakaran Pabrik Ban Vulkanin Jaya Kota Bogor

Kronologis Kebakaran Pabrik Ban Vulkanin Jaya Kota Bogor

Bogordaily.netPabrik Ban Vulkanin Jaya yang terletak di Jalan Kedung Halang RT01 RW02, , Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, kebakaran pada Senin, 20 November 2023.

Meskipun kobaran api melalap bagian instalasi produksi yang berfungsi sebagai alat pemanas untuk merekatkan komponen ban, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kota Bogor, Ade Nugraha, pihaknya menerima laporan kejadian sekitar pukul 09.10 WIB.

Tim pemadam segera merespons dan tiba di lokasi pada pukul 09.11 WIB untuk memulai upaya pemadaman.

Ade menyebutkan bahwa percikan api diduga berasal dari tabung alat pemanas untuk merekatkan komponen ban, yang kemudian berinteraksi dengan percikan oli.

Kejadian ini menyebabkan percikan api mengenai kabel listrik yang terhubung ke thermo oil atau pemanas oli, memicu perluasan kobaran api.

“Saat kejadian, sejumlah pegawai pabrik berusaha memadamkan api menggunakan APAR, tetapi upaya tersebut tidak mampu mengendalikan kobaran api. Alhasil, mereka memanggil bantuan dari Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kota Bogor,” jelas Ade.

Pemadam berhasil mengatasi dalam waktu sekitar 30 menit setelah kejadian terjadi, tepatnya pada pukul 09.48 WIB.

Ade mengungkapkan bahwa saat ini belum ada informasi pasti mengenai kerugian akibat tersebut, namun aset yang terbakar meliputi thermo oil dan benser listrik.

Dalam penanganan Pabrik Ban Vulkanin Jaya tersebut, pihak Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kota Bogor mengerahkan 35 personel dari 5 unit mobil pemadam serta 2 unit mobil rescue dari Damkar dan BPBD Kota Bogor, serta 4 unit ambulans.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here