Friday, 12 July 2024
HomeNasionalLayanan Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik di RS Murni Teguh Ciledug 

Layanan Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik di RS Murni Teguh Ciledug 

Bogordaily.net – Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Ciledug kini telah menyediakan layanan spesialis .

Bertambahnya layanan spesialisasi tersebut membuat kini mempunyai 22 variasi layanan spesialis.

Hal ini ditandai dengan bergabungnya Dokter Benny Muliawan, Sp.BP-RE sebagai dokter spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dengan .

Baca juga : Biodata Lengkap Baskara Putra (Hindia), Yang Viral Dituduh Satanic dan Iluminati

Dijumpai dalam sesi praktiknya, dr. Benny Muliawan memberikan penjelasan tentang bedah plastik yang sering kurang tepat dimengerti oleh sebagian orang.

“Sebagian besar orang beranggapan bahwa bedah plastik itu hanya mengerjakan operasi estetik saja, tapi bedah plastik sebenarnya juga banyak mengerjakan kasus-kasus rekonstruksi,” sebut dr. Benny ditemui di ruang praktiknya di , Kamis, 16 November 2023.

Mengenal Bedah Plastik

“Sebenarnya bedah plastik itu terdiri dari 2 prinsip utama, yakni rekonstruksi dan estetik, dan keduanya saling terkait satu sama lain dalam penanganannya,” tambah dr. Benny.

Rekonstruksi bisa diartikan sebagai proses untuk memperbaiki sesuatu yang tadinya tidak atau kurang baik menjadi baik dan mendekati bentuk alaminya

“Sedangkan estetik itu sifatnya menjadikan sesuatu yang normal menjadi lebih baik lagi, dan tentunya tidak boleh melanggar kaidah-kaidah norma hidup. Oleh karenanya dalam tindakan rekonstruksi ada unsur estetiknya, dan dalam tindakan estetik ada unsur rekonstruksinya” jelas dr. Benny.

Dokter Benny kemudian mencotohkan kasus yang terkait dengan tindakan rekontruksi yang dilakukan oleh dokter Bedah Plastik, salah satunya adalah luka kronis akibat diabetes.

”Pada penderita diabetes, apabila seorang pasien mengalami luka kronis pada kakinya, seorang dokter bedah plastik bisa membantu dalam penanganan luka tersebut,” jelasnya.

“Tidak hanya dengan operasi, namun bisa dilakukan dengan gabungan metode lain yang bersifat non-operasi. Seperti misalnya merawat luka tersebut dengan ditambah metode perawatan luka dengan balutan moderen seperti penggunaan NPWT (Negative Pressure Wound Therapy),” tambah dr.Benny.

Kegunaan Bedah Plastik

Dokter Benny juga menekankan bahwa spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik pada dasarnya bekerja saling membahu dengan spesialis-spesialis lainnya.

Ia mengambil contoh tentang kanker kulit yang dimana penanganannya bisa dilakukan oleh dokter spesialis Bedah Onkologi, lalu penyelesaiannya bisa dilakukan oleh dokter spesialis Bedah Plastik atau bedah plastik Subspesialis Mikro & Onkoplasti untuk kasus-kasus yang lebih rumit.

“Misalnya pada kasus kanker kulit, dimana dokter bedah Onkologi akan melakukan operasi pembuangan kanker. Kemudian dokter bedah Plastik dapat melakukan penutupan luka pasca operasinya. Metodenya bisa dari cangkok kulit hingga flap, misalnya dengan dengan menggunakan flap lokal pada area sekitar luka hingga flap bebas yang diambil daging dari paha untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada luka tersebut,” kata dr.Benny.

Baca juga : Arti Nama Anak Kedua Atta dan Aurel, Azzura Humaira Nur Atta

”Flap itu, secara awam, semacam tindakan yang mengambil dan memindahkan suatu jaringan daging di daerah tertentu, untuk dipindahkan untuk menutup daerah yang terbuka, baik di daerah dekat luka maupun daerah yang jauh dari luka yang menyertai pembuluh darahnya. Berbeda dengan cangkok kulit yang murni hanya jaringan kulit,” tambahnya.

Dengan banyaknya variasi kasus bedah plastik yang ada di masyarakat, Dokter Benny pun mengajak masyarakat untuk tidak perlu ragu berkonsultasi dengan dokter spesialis Bedah plastik, apabila memiliki pertanyaan seputar rekonstruksi dan estetik seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Sebagai informasi Dokter Benny Muliawan, Sp,BP-RE berpraktik di setiap Selasa, Kamis dan Sabtu dari pukul 08:00 WIB sampai pukul 14:00 WIB. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here