Saturday, 24 February 2024
HomeNasionalMahfud MD Sowan ke Kasepuhan Bakom

Mahfud MD Sowan ke Kasepuhan Bakom

Bogordaily.net – Menkopolhukam, , berkunjung ke Bakom, Kota Bogor, Senin 27 November 2023. Kedatangan Mahfud untuk sowan sekaligus bersilaturahim dengan para .

Bertempat di Pesantren Arrohmah, Kampung Bakom, , Kota Bogor, Mahfud duduk berdampingan dengan Tubagus Oha (Mama Oha), Tubagus Holidi (Mama Olid), serta lainnya.

Nampak hadir pula Ketua MUI Kota Bogor KH. Tubagus Muhidin, para kiai dan ulama keluarga besar Bakom, serta para santri.

Kehadiran Mahfud cukup singkat. Ia yang sebelumnya direncanakan berdialog dengan alim ulama dan para santri batal karena harus segera menghadiri kegiatan lainnya sebelum meluncur ke Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, mengatakan bahwa pesantren sangat penting bagi kelangsungan Indonesia dan Indonesia dibangun oleh masyarakat yang di dalamnya ada peran pesantren.

Keterlibatan tokoh sentral dari pesantren sejak zaman prakemerdekaan, era kemerdekaan, hingga kini, selalu hadir dan berperan di setiap masa antara lain Hasyim Asy'ari, Abdurahman Wahid, KH. Maruf Amin, termasuk sejumlah menteri dan pejabat yang banyak berasal dari kalangan santri.

“Pesantren berjasa besar kepada negara dan ikut mendirikan negara. Pesantren aset penting dalam pembangunan negara. Banyak pula kiai yang menjadi pahlawan nasional. Artinya, Indonesia harus dijaga dengan jiwa kepesantrenan. Diisi dengan amaliah pesantren untuk menyejukkan bangsa,” ungkapnya.

Menkopolhukam berharap ke depan pesantren harus punya peran penting di mana lulusan-lulusannya memiliki akhlak yang kuat sehingga tidak ikut merusak dan korupsi.

“Diharapkan kita semua, santri, ikut jaga NKRI, membina negara dengan nilai-nilai islami. Saya minta restu, mudah-mudahan Indonesia lebih baik ke depan,” imbuh Mahfud.

Sementara itu, KH. Holidi alias Mama Olid, mengatakan bahwa selain silaturahim semula berniat untuk berziarah ke yang telah wafat. Namun ziarah terhalang kegiatan sehingga akan dijadwalkan ulang.

Mama Olid juga menegaskan bahwa Kedatangan Mahfud tidak dalam kapasitas kampanye politik. “Sama sekali tidak membicarakan politik, hanya silaturahim sebagai Menkopolhukam,” ucapnya.

Ditanya lebih lanjut tentang harapannya terhadap Capres-Cawapres pada mendatang, Mama Holidi berharap yang terbaik kepada ketiga kontestan. “Selama baik dan ikhlas untuk kemajuan masyarakat, mudah-mudahan berhasil. Kalau ada yang tidak baik, maka Allah SWT yang lebih mengetahui. Kami sangat mendukung calon yang tulus, ikhlas, dan ingin memajukan masyarakat dan negara Indonesia,” katanya.

Sekadar informasi, beberapa pesantren di kawasan Bakom dikelola oleh keturunan KH. Tubagus Asy'ari asal Banten. merupakan salah satu sentral pesantren di Bogor.***

(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here